26 August 2012

SEJARAH AWAL BERDIRINYA GOOGLE

Siapa yang tidak kenal dengan Google, mesin pencari web terbesar dan memiliki pengguna terbanyak di dunia. Kitapun sering memanfaatkannya, namun sebagai pengguna kuranglah lengkap rasanya bila kita belum mengetahui sejarah awal berdirinya Google ini.

Sejarah berdirinya Google diawali dari pertemuan dua orang mahasiswa bernama Larry Page (Universitas Michigan) dan Sergey Brin dalam sebuah proyek penelitian di Universitas Stanford tahun 1995, pada awal pertemuan ini banyak sekali terlihat ketidak sepahaman ide dan gagasan diantara keduanya.

Didalam berbagai macam perbedaan tersebut, ternyata terdapat satu pemikiran yang sama di antara mereka yaitu keinginan untuk menciptakan sebuah mesin pencari web yang akurat, relevan dan lebih baik dibandingkan dengan mesin pencari yang ada pada saat itu. Teori sederhananya adalah cara menghubungkan berbagai situs-situs web yang akan memberikan hasil pencarian lebih baik dan lengkap. Tepatnya di tahun 1996 gagasan ini membuahkan hasil yaitu dengan diperkenalkannya sebuah mesin pencari web bernama Backrub yang saat itu masih berbasis di Universitas Standford dan berjalan selama lebih dari satu tahun. Situs web tersebut sampai sekarang masih bisa diakses di alamat ini.

Sadar akan perkembangan ke depannya pada tahun 1997 Larry dan Sergey memutuskan untuk lebih menyempurnakan Backrub, tidak hanya sekedar sebagai mesin pencari web yang masih bernaung di universitas Stanford akan tetapi memiliki jangkauan serta jaringan yang dapat diperluas lagi. Kata Google sendiri sebenarnya merupakan plesetan dari "googol" sebuah istilah dalam Matematika untuk menyebut angka yang diwakili oleh 1 dan diikuti oleh 100 angka nol. Hal ini disesuaikan juga dengan misi dari Google yang ingin menampilkan jumlah informasi yang tidak terbatas pada web. Akhirnya pada bulan Agustus 1998 Google Inc. resmi diluncurkan dengan kantornya yang pertama di garasi salah seorang sahabat mereka, bernama Susan Wojcicki di Santa Margarita, Amerika serikat.

Google sebagai mesin pencari web yang baru muncul terus mengalami perkembangan pesat, hal ini dibuktikan dengan masuknya Google dalam kategori mesin pencari pilihan terelevan dalam 100 mesin pencari di tahun 1998. Perkembangan ini menuntut Google untuk mendirikan kantor baru dan penataan manajemen yang lebih baik, tepatnya pada bulan Agustus 1999 Google resmi berpindah ke kantor barunya di Mountain View, California.

Setelah itu, banyak terobosan-terobosan yang dilakukan Google dalam usaha penyempurnaannya antara lain dengan melengkapi mesin pencari web ini dengan berbagai fitur seperti : peluncurannya dalam berbagai versi bahasa, pencarian gambar, peta, dokumen, terjemahan bahasa, media penyimpanan foto, fasilitas pembuatan email, peluncuran proglam iklan yang relevan dan banyak lagi fitur lainnya. Kerja sama dengan beberapa perusahaan web besar dan berita juga dilakukannya antara lain dengan AOL (America Online), Yahoo dan CNN serta mengakuisisi (membeli) beberapa perusahaan, salah satunya adalah Blogger yang didirikan oleh Pyra Labs pada bulan Februari 2003.

Hal tersebutlah yang membuat perkembangan Google menjadi sangat pesat hingga saat ini dan unggul dibandingkan dengan mesin-mesin pencarian web lainnya, karena Google selalu berusaha mengedepankan keinginan dan kebutuhan penggunanya sesuai dengan apa yang mereka cari. Sangatlah masuk akal karena Google memiliki kemampuan untuk mengindeks milyaran halaman web, hasil pencariannya relevan, cepat, akurat dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang memanjakan penggunanya.


Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 1:23 AM

2 comments:

  1. oh jadi gini ya sejarah google
    agak rumit jg ya dulu

    ReplyDelete
  2. Iya sob, panjang juga ceritanya. Terima kasih juga atas kunjungannya...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.