Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MERAPIKAN KETIKAN MS. WORD DENGAN TAB DAN INDENT

Merapikan hasil ketikan di Ms.Word menjadi seni tersendiri karena setiap orang dalam hal ini memiliki cara masing-masing untuk melakukannya, semua tergantung dari kebiasaan. Memang, menjadi suatu kendala jika ketikan yang kita buat tersebut sudah jadi namun pada bagian tertentu masih terlihat berantakan karena belum dirapikan. Banyak trik yang bisa digunakan, namun pada kesempatan ini saya akan membahas tentang penggunaan Tab dan Indent pada ruler Ms.Word. Komponen-komponen Tab dan Indent ini terlihat seperti gambar berikut :

Merapikan Ketikan Ms. Word dengan Tab dan Indent

Disaat kita membuat dokumen baru pada Ms.Word, terkadang kita dihadapkan dengan dokumen yang memiliki format (pengaturan tertentu), saya ambil contoh di sini adalah pembuatan dan pengisian form formulir. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda perhatikan gambar di bawah ini :

Menggunakan fasilitas Tab dan Indent

Pada contoh di atas terlihat dengan jelas bahwa antara format pengisian (Nama s.d Deskripsi jabatan), kemudian tanda titik dua (:) dan isi dari form tersebut masih terlihat berantakan. Untuk merapikannya langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Blok seluruh tulisan

2. Klik ruler ditempat yang kosong, tahan mouse sampai keluar tanda menyerupai huruf L dan geser tanda L tersebut ke sebelah kiri untuk membatasi tanda titik dua (:) dengan form pengisian.

3. Geser Tab Indent (tanda panah yang menghadap ke atas) ke arah kanan untuk membatasi tanda titik dua (:) dengan pengisian form
Untuk lebih detail, silahkan perhatikan gambar dibawah ini :


Tips tambahan :

1. Untuk membuat ketikan dengan format seperti contoh di atas gunakanlah selalu tab yang ada di keyboard untuk memberi jarak tulisan dengan tanda titik dua (:) jangan gunakan spasi

2. Bila isi dari format melebihi satu baris, contohnya pada pengisian Deskripsi jabatan seperti gambar di atas maka gunakanlah pengaturan Tab dan Indent yang baru saja kita bahas.

Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu :)
Labels: TIPS

Terima kasih telah membaca CARA MERAPIKAN KETIKAN MS. WORD DENGAN TAB DAN INDENT. Jika bermanfaat silahkan dishare

8 Comment for "CARA MERAPIKAN KETIKAN MS. WORD DENGAN TAB DAN INDENT"

Oh jadi begitu ya cara merapihkannya, terimakasih gan atas informasinya, salam kenal aja..

Sama-sama gan, terima kasih atas kunjungannya...

wahaha,pdahal gampang tisnya,tpi baru tau skarang

mantab gan, sekarang kesulitan ane ngetik di ms office sudah teratasi thanks ilmunya.. :)

Terima kasih atas kunjungannya dik Tania :)

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top