Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MODERASI KOMENTAR VS WIDGET RECENT COMMENT

Jumlah komentar pada sebuah blog dapat mengindikasikan sejauh mana isi dari blog tersebut mendapat respon dari pembacanya terutama bila artikel di dalam blog tersebut bagus dan dirasa bermanfaat. Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang kelebihan setting komentar dengan moderasi bila dibandingkan dengan penggunaan widget recent comment (komentar terbaru) dalam memantau komentar-komentar yang masuk di blog kita.

Moderasi komentar menurut pengertian saya adalah persetujuan dari admin sebuah blog untuk mempublikasikan komentar yang masuk pada blognya. Jadi, setiap komentar yang masuk tersebut tidak akan terlihat, sebelum si admin setuju untuk mempublikasikannya. Saya yakin pembaca juga sering mengalami hal ini bila telah memberikan komentar pada salah satu blog dimana komentar tersebut tidak langsung muncul. Menurut saya penggunaan setting komentar dengan moderasi ini oleh blogger lebih ditujukan untuk menjaga privacy admin blog itu sendiri.

Bagi saya pengaturan komentar dengan moderasi ini bisa menggantikan fungsi widget recent comment. Kenapa demikian? karena melalui pengaturan ini, komentar yang baru masuk pada blog kita akan segera terlihat melalui notifikasi moderasi pada akun blogger. Sedangkan fungsi dari widget recent comment juga menampilkan komentar terbaru yang masuk pada sebuah blog. 

Beberapa kelebihan Moderasi komentar ini adalah :

1.Admin blog dapat menyaring komentar mana yang patut untuk dipublikasikan dan mana yang tidak, artinya komentar-komentar yang tidak berkenan bagi admin dan bernada spam dapat segera dihapus.

2.Tidak membebani loading blog, kita hanya perlu memantaunya melalui akun blogger masing-masing, berbeda halnya dengan widget recent comment yang menggunakan sejumlah kode java script yang tentunya akan menambah beban loading blog.

3.Lebih menjamin privacy admin blog dalam pengelolaan komentar

Bagi anda yang ingin melakukan pengaturan ini, caranya adalah :

1.Login ke blog anda

2.Pilih setelan >> Pos dan Komentar >> pada pilihan Moderasi komentar, klik "selalu" >> simpan setelan


Bila dilihat dari kelebihannya tersebut, anda lebih setuju menggunakan yang mana? komentar dengan moderasi ataukah menggunakan widget recent comment...
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca MODERASI KOMENTAR VS WIDGET RECENT COMMENT. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "MODERASI KOMENTAR VS WIDGET RECENT COMMENT"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top