Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA CEPAT MENCARI SEBUAH KATA DI FILE EXCEL 2007

Sebuah file yang kita disajikan di dalam Excel 2007 dapat berisi bermacam-macam data yang disusun berdasarkan pola-pola tertentu tergantung dari kebutuhan masing-masing, misalkan saja : Daftar nominatif barang, rekap absensi karyawan, penggajian dan sebagainya. Di dalam prakteknya pengolahan data tersebut tidak bisa sekali jadi alias sering kali kita akan melakukan pengeditan untuk memperbaiki atau mengubahnya.

Misalkan saja saat diminta untuk membuat daftar petikan gaji dari seluruh karyawan di tempat kerja anda, maka sudah dapat dipastikan data tersebut akan berisi puluhan bahkan ratusan nama karyawan lengkap dengan uraian gaji yang diterimanya. Bila terjadi kesalahan entry data, maka anda diharuskan untuk segera memperbaikinya dimana tentunya yang menjadi patokannya di sini adalah nama dari karyawan yang bersangkutan. Sungguh suatu hal yang sangat merepotkan bila kita mencari nama tersebut secara manual dengan menscrool mouse dari halaman ke halaman.

Untuk mempercepat pengeditan, Excel 2007 telah menyediakan sebuah fasilitas pencarian atau dalam bahasa Inggrisnya “Find and Replace”. Fitur ini diwakili oleh icon teropong yang terletak di pojok kanan halaman Excel anda. Atau anda dapat menggunakan perintah Ctrl + F di keyboard untuk memunculkannya. Berikut adalah screen shootnya :

Cara mudah mencari text/kata pada file Excel 2007

Penjelasannya :

Untuk menggunakannya silahkan ketikkan nama atau kata yang ingin anda cari pada kotak pencarian "Find What", pada contoh sesuai dengan gambar di atas saya mengetikkan kata Andi kemudian tekan enter atau klik Find Next maka secara otomatis pointer mouse akan langsung berada pada kata tersebut. Bila jumlah nama tersebut berjumlah lebih dari satu, silahkan klik "Find All" maka seluruh kata beserta atributnya akan muncul pada kotak paling bawah (bertanda biru) lengkap dengan sheet, Cell, Value atau formula (rumus) bila ada.

Sedangkan tab "Replace" digunakan bila anda ingin mengganti kata kunci pencarian misalnya dengan angka 1 atau kata lainnya, silahkan isikan saja pada kotak "Replace With" kemudian klik Replace All, maaf disini saya tidak dapat menampilkan screen shootnya tetapi saya yakin anda mudah untuk mengaplikasikannya. Menurut saya fungsi ini lebih dikhususkan untuk mengkalkukasikan jumlah data tertentu misalkan saja jenis kelamin. 

Demikian sedikit penjelasan saya mengenai cara mudah dan cepat untuk mencari sebuah kata pada sebuah file di Excel 2007 dengan menggunakan Fungsi Find and Replace. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 
Labels: EXCEL, TIPS

Terima kasih telah membaca CARA CEPAT MENCARI SEBUAH KATA DI FILE EXCEL 2007. Jika bermanfaat silahkan dishare

4 Comment for "CARA CEPAT MENCARI SEBUAH KATA DI FILE EXCEL 2007"

Sama-sama mas, thanks atas kunjungannya

Sama-sama mas, semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top