14 January 2013

FUNGSI IF SEDERHANA DAN BERTINGKAT PADA EXCEL 2007

Fungsi IF sederhana pada excel 2007 adalah fungsi logika asumsi pada nilai tertentu yang terdiri dari dua variabel dan dapat kita definisikan sendiri (misalnya untuk menentukan antara "Lulus atau Tidak lulus"). Sedangkan fungsi IF bertingkat digunakan untuk mengklasifikasikan nilai-nilai tertentu ke dalam banyak kategori berdasarkan asumsi tertentu (misalnya untuk menentukan nilai Mahasiswa masuk dalam kategori : A, B, C dan seterusnya).

Contoh penggunaan fungsi IF sederhana dan bertingkat dapat terlihat pada tabel berikut ini :

FUNGSI IF SEDERHANA DAN BERTINGKAT PADA EXCEL
  • Pada kolom STATUS KELULUSAN kita akan memasukkan fungsi logika IF sederhana terhadap nilai Mahasiswa yang terdapat pada kolom C, dengan asumsi bahwa nilai minimal kelulusan adalah > atau = (lebih besar atau sama dengan) 60 dan nilai dibawahnya akan berstatus remidi, sehingga rumus yang kita masukkan pada sel D3 menjadi =IF(C3>=60;"LULUS";"REMIDI")  lalu copy rumus tersebut kebawah sampai semua sel terisi.
  • Pada kolom NILAI kita akan memasukkan fungsi IF bertingkat, untuk menentukan apakah Mahasiswa yang bersangkutan mendapatkan nilai A, B, C dan seterusnya dengan asumsi bahwa nilai yang lebih besar atau sama dengan 90 sebagai batas atas (nilai A), nilai 50 sebagai batas bawah dan nilai dibawah 50 otomatis menjadi E. Rumus yang kita tuliskan pada sel E3 adalah =IF(C3>=90;"A";IF(C3>=80;"B";IF(C3>=60;"C";IF(C3>=50;"D";"E"))))   lalu copy rumus ke seluruh sel E.
  • Pada kolom KLASIFIKASI NILAI kita akan memasukkan fungsi IF bertingkat untuk mengkategorikan nilai Mahasiswa tersebut dari yang sangat, baik, kurang hingga kategori sangat kurang, sehingga rumus yang kita masukkan pada sel F3 menjadi =IF(C3>=90;"SANGAT BAIK";IF(C3>=70;"BAIK";IF(C3>=60;"CUKUP";IF(C3>=50;"KURANG";"SANGAT KURANG")))) copy juga rumus sampe seluruh kolom F terisi.
Tambahan : Bila rumus tidak berfungsi, silahkan ganti tanda titik koma (;) dengan tanda koma (,)

Setelah memasukkan tiga poin rumus fungsi IF di atas maka tabel tersebut akan terisi dan terlihat seperti ini :

FUNGSI IF SEDERHANA DAN BERTINGKAT PADA EXCEL

Demikianlah uraian singkat tentang fungsi IF sederhana dan bertingkat pada excel 2007 yang saya pahami, rajin berlatih adalah kunci untuk memahami fungsi ini. Semoga tulisan ini bermanfaat...
Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 8:25 PM

10 comments:

  1. Mantap... izin share y...

    ReplyDelete
  2. Silahkan sob dishare, yang penting mencantumkan link sumber.

    ReplyDelete
  3. Makasih gan infonya,bermanfaat sekali,

    ReplyDelete
  4. Irfan >> Yup, sama-sama gan...

    ReplyDelete
  5. andi.suhendrawan@gmail.com12 July, 2013

    Gan, aku ingin membuat fungsi if smpai 12 koma (tingkat, tapi sampai ke 9 kok ngadat gimana nih ? tolong gan solusinya, trm kasih.

    ReplyDelete
  6. Andi >> Agar digit (angka di belakang koma)yang agan masukkan terlihat, coba klik tanda plus di pojok kiri atas halaman Excel (select all) kemudian klik kanan & pilih format cell >> pada category pilih number dan beri centang pada Use 1000 separator (.). Dengan cara ini maka berapapun angka di belakang koma akan tetap dapat ditampilkan. Thanks buat kunjungannya...

    ReplyDelete
  7. Anonymous20 June, 2014

    klo nilainya mengandung koma, gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun nilai yang akan dicari mengandung koma, rumus fungsi if tersebut tetap dapat digunakan yang terpenting format rumus sesuai dengan contoh di atas. Thanks...

      Delete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.