31 December 2012

FREEZE PADA EXCEL FITUR UNTUK MEMBEKUKAN SEL/KOLOM

Sesuai dengan namanya fitur freeze pada excel memiliki fungsi untuk membekukan sebuah sel/kolom atau bisa juga kedua-duanya. Tujuan dari penggunaan fitur ini adalah untuk mempermudah kita dalam pengisian sebuah tabel dengan entry yang panjang, puluhan bahkan ratusan. Dengan penggunaan freeze ini maka akan menghindari kekeliruan saat pengisian data (ke bawah atau ke samping) karena identitas dari sel/kolom akan selalu terlihat, misalnya pada judul sebuah tabel.

Untuk menggunakan fitur freeze ini, klik tab View pada lembar kerja excel anda----> kemudian cari pilihan freeze panes. Terdapat tiga pilihan di dalamnya yaitu :

a. Freeze panes yang berfungsi untuk membekukan baris atau kolom sesuai dengan area yang kita tentukan, contohnya adalah sebagai berikut :
Bila cursor diletakkan pada kolom B baris kedua (B2) >> artinya kita telah meminta excel untuk membekukan sebuah baris dan sebuah kolom pertama (judul tabel & kolom NO.)

FREEZE PADA EXCEL FITUR UNTUK MEMBEKUKAN SEL/KOLOM

Hasil setelah memilih freeze panes akan menjadi seperti ini :

FREEZE PADA EXCEL FITUR UNTUK MEMBEKUKAN SEL/KOLOM

Mau discrool sejauh apapun ke bawah, judul tabel tersebut akan tetap terlihat demikian pula dengan kolom NO. walaupun sheet sejauh apapun dibawa ke arah kanan kolom ini tetap terlihat.

b. Freeze top row, berfungsi untuk membekukan hanya baris pertama pada tabel. Pilihan ini tidak terpatok pada letak kursor atau mau diklik di mana saja hasilnya sama.

c. Freeze first column adalah pilihan untuk membekukan hanya colom pertama saja dan peletakan area cursor mouse juga dapat kita tempatkan bebas.

Tips : 
@ Gunakan Freeze panes untuk membekukan baris atau kolom yang jumlahnya lebih dari satu, bila ingin membekukan sebuah baris, maka letakkan kursor persis setelah baris tersebut. Sedangkan yang menjadi patokan untuk membekukan sebuah kolom adalah seluruh bagian kiri dari dari letak kursor mouse, Contoh: kolom A, B, C dan D mau di bekukan,..maka letakkan kursor anda pada kolom E baru kemudian pilih freeze panes.

Silahkan dicoba-coba sendiri, saya yakin anda akan memahami fitur freeze excel ini dengan cepat yang penting jangan semua sel/kolom nya dibekukan ya..hehe..

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 12:40 AM

2 comments:

  1. akan banyak berguna bagi officer...

    ReplyDelete
  2. Gehage @ Terima kasih atas kunjungannya sob...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.