Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MEMILIH TATA LETAK YANG SESUAI PADA BLOGGER

Pengaturan ini termasuk pengaturan dasar pada Blogger. Memilih tata letak yang sesuai dapat kita lakukan setelah melakukan pengaturan dasar lainnya seperti : pemilihan template, latar belakang dan penyesuaian lebar. Tata letak di sini saya artikan sebagai pengaturan desain blog yang kita kelola dimana secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian utama yaitu :

a. Tata letak isi, merupakan daerah posting dan posisi side bar untuk penempatan widget.

b. Tata letak kaki (footer) merupakan pilihan untuk menempatkan beberapa widget pada bagian bawah blog, alternatif untuk menempatkan widget selain di side bar.

Khusus pengguna Blogspot/blogger seperti blog saya ini, pemilihan tata letak tersebut dapat kita lakukan langsung melalui perancang template blogger. Untuk masuk pada pengaturan ini, urutan langkahnya adalah sebagai berikut :

a. Login ke blogger

b. Pilih template >> Backup dulu template blog untuk berjaga-jaga >> kemudian pilih Sesuaikan  

c. Kita akan masuk pada halaman perancang template Blogger, pilih Tata letak. Gambarnya sebagai berikut :

Cara memilih Tata letak yang sesuai pada Blogger










Pada bagian ini kita diberikan beberapa pilihan untuk memilih tata letak isi dan side bar untuk penempatan aneka widget yang dapat kita pilih sesuai dengan selera masing-masing, demikian pula dengan pemilihan tata letak kaki yang memiliki tiga pilihan yaitu hanya satu kolom saja, dua bahkan tiga kolom. 

d. Untuk melihat hasilnya, silahkan anda memilih tab latar belakang masih pada halaman perancang template Blogger.

e. Setelah semuanya terpilih dan sesuai dengan keinginan silahkan klik tulisan Terapkan ke Blog yang terdapat di pojok kanan atas halaman perancang template Blogger untuk menerapkan perubahan yang baru saja kita lakukan.

f. Langkah selanjutnya kembali ke Blogger dan masuk ke pilihan tata letak untuk pengaturan dan penataan posisi-posisi widget.

Demikian cara sederhana memilih tata letak yang sesuai pada blogger, kalau ada sobat yang ingin menambahkan silahkan menambahkan melalui kolom komentar di bawah ini.
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca MEMILIH TATA LETAK YANG SESUAI PADA BLOGGER. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "MEMILIH TATA LETAK YANG SESUAI PADA BLOGGER"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top