Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

7 SUMBER IDE PENULISAN ARTIKEL BAGI BLOG ANDA

Kegiatan menulis bagi seorang pengelola blog adalah wajib hukumnya, untuk itulah kita diharuskan kreatif untuk mencari sumber penulisan untuk bahan penulisan artikel blog. Dengan aktifitas update posting yang terus menerus maka akan ber-efek positif pula pada blog tersebut baik berupa peningkatan pengunjung organik ataupun penilaian yang semakin baik di mata search engine. Namun yang sering kali menjadi kendala adalah, bila kita kehabisan ide ketika ingin membuat sebuah tulisan dan saya yakin hal ini pernah  juga anda alami.

Sekedar berbagi, sebenarnya banyaklah sumber yang bisa dijadikan rujukan ide sebelum membuat sebuah tulisan. Hal terpenting yang tidak boleh terlupakan adalah penguasaan terhadap topik yang nantinya akan dibahas dan tentunya sesuai dengan niche blog kita masing-masing. Berdasarkan pengalaman, 7 sumber yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan ide penulisan artikel tersebut adalah :

1. Media sosial
Media sosial adalah tempat berkumpulnya banyak artikel berbobot yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi. Carilah topik yang sedang hangat dan sesuai dengan niche blog. Sangat tidak disarankan untuk meng-copy paste tulisan tersebut, tipsnya silahkan anda ambil inti sarinya dan olah dengan gaya bahasa sendiri. Contoh media sosial ini, antara lain : Lintas me, Infogue, Yahoo dan lainnya.

2. Pengalaman
Poin ini juga bisa menjadi sumber penulisan yang tidak ada habis-habisnya namun tetaplah yang sesuai dengan tema blog kita. Misalkan tema blog anda membahas tentang tutorial blogspot dan anda baru saja berhasil menemukan "cara meletakkan iklan di atas atau di bawah postingan". Pengalaman inilah yang saya maksud untuk dijadikan sumber tulisan dan bisa dituangkan kembali pada posting anda.

3.   Statistik blog
Bagi pengguna blogspot, sumber menulis sebuah artikel juga dapat diperoleh saat memantau statistik blog. Coba anda perhatikan kata kunci apa saja yang digunakan oleh pengunjung sehingga sampai berkunjung ke blog anda bukannya nyasar lho..ya ! hehe..

4. Forum
Aktif dalam sebuah forum tanya-jawab dapat juga menjadi sumber ide penulisan artikel blog. Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada forum tersebut dan di tuangkan kembali pada tulisan anda nantinya. Contoh forum ini : Google dan Yahoo tanya-jawab, forum adsense dan lain-lain.

5. Blog walking
Banyak manfaat yang diperoleh saat berkunjung dari satu blog ke blog lain, tulisan-tulisan pada blog tetangga dapat juga menjadi insipirasi kita dan memunculkan ide segar untuk segera membuat tulisan.

6. Trend
Poin ini menjadi sangat penting terutama bagi blog/situs yang mengusung tema berita terkini dan aktual. Biasanya berita terhangat yang sedang banyak dibicarakan orang bila diangkat menjadi sebuah tulisan, akan mendatangkan trafik yang luar biasa bagi blog yang bersangkutan akan tetapi sifatnya hanya sementara.

7. Media cetak dan elektronik
Pemanfaatan media cetak dan elektronik untuk dijadikan sumber ide penulisan, saya rasa sangat masuk akal. Karena biasanya kedua media ini selalu mengangkat topik terbaru pada berita-beritanya. Anda dapat saja mengambil beberapa berita yang sesuai dengan tema blog anda untuk dikemas dan ditulis sendiri ke dalam blog anda.

Itulah beberapa sumber yang dapat dimanfaatkan saat mencari ide penulisan artikel bagi blog anda masing-masing. Bila ada sahabat yang ingin menambahkan, saya persilahkan melalui kolom komentar.
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca 7 SUMBER IDE PENULISAN ARTIKEL BAGI BLOG ANDA. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "7 SUMBER IDE PENULISAN ARTIKEL BAGI BLOG ANDA"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top