Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MENGATUR KOMENTAR DAN ELEMENNYA PADA BLOGSPOT

Cara mensetting atau mengatur komentar dan elemennya termasuk salah satu hal mendasar yang perlu sahabat lakukan sebagai pengguna Blogspot (Blogger) terutama bagi newbie seperti saya. Kenapa demikian? karena melalui pengaturan tersebutlah sahabat dapat dengan mudah untuk menentukan lokasi (tampilan kotak komentar), siapa saja yang bisa memberikan komentar, apakah akan menggunakan moderasi, verifikasi kata dan menambahkan kata-kata yang menjadi pesan bagi siapa saja yang nantinya akan berkomentar. Semua itu dapat dengan mudah anda sesuaikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itulah maka unsur yang satu ini tidak boleh terabaikan oleh pengelola blog.

Untuk melakukan pengaturan komentar ini, silahkan anda login terlebih dahulu ke dashboard blogger kemudian pilih Setelan >> Pos dan komentar. Elemen komentar yang dapat kita setting tersebut adalah :

1. Lokasi komentar ? 
Untuk menentukan di manakah nantinya komentar akan ditampilkan, yang terdiri dari :
a. Tersemat : Pilihan ini akan memunculkan form komentar langsung di bawah posting blog yang kita publikasikan.
b. Halaman penuh : Akan memunculkan komentar pada sebuah tab baru/satu halaman secara utuh.
c. Jendela munculan : Melalui pilihan ini maka form komentar akan tampil secara terpisah dengan halaman posting, akan tetapi tidak terlihat penuh.
d. Sembunyikan : Pilihan ini digunakan bagi sahabat yang tidak ingin menampilkan form komentar di blognya secara keseluruhan.

2. Siapa yang dapat mengomentari ?
Item ini digunakan untuk menentukan dari mana atau siapa saja yang dapat berkomentar di blog anda, terdiri dari :
a. Semua orang-termasuk pengguna tanpa nama : Dengan pilihan ini berarti anda memberi kesempatan kepada siapa saja untuk berkomentar baik itu sesama pengelola blog (dengan mencantumkan Url-nya) atau perseorangan & pengguna tanpa nama yang dimaksud di sini adalah "Anonim atau Anymous".
b. Pengguna terdaftar : Pilihan ini hanya membatasi komentator yang berasal dari Google Plus (G+), Live journal, Wordpress, Typepad, AIM dan OpenID.
c. Pengguna dengan akun Google : Menggunakan pilihan ini berarti hanya memberikan kesempatan kepada pemilik akun Google saja untuk berkomentar.
d. Hanya anggota blog ini : Membatasi komentator hanya pada komunitas/anggota yang telah bergabung  pada sebuah blog.

3. Moderasi Komentar ?
Moderasi komentar adalah sebuah metode yang dapat kita gunakan untuk menyaring komentar-komentar yang masuk, sehingga komentar tersebut tidak langsung muncul kecuali telah mendapat persetujuan untuk ditampilkan oleh anda sebagai pengelola blog. Pada pilihan ini, anda diberikan tiga opsi yaitu :
a. Selalu
b. Kadang-kadang
c. Tidak pernah

4. Tampilkan verifikasi kata ?
a. Ya : Artinya setiap orang yang akan berkomentar diwajibkan untuk mengisi serangkaian Chapta (baik huruf ataupun angka) pada kotak yang telah disediakan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari komentar-komentar spam yang dapat otomatis dilakukan oleh sebuah software atau robot.
b. Tidak : Pilihan ini akan memunculkan verifikasi kata saat seseorang akan memberikan komentarnya.

5. Tampilkan tautan balik ? (Create a link)
Pilihan ini dapat kita manfaatkan untuk memunculkan sebuah fasilitas yang memungkinkan siapa saja untuk menautkan posting yang kita buat pada blog, semakin banyak yang menaut berarti backlink pada sebuah posting juga makin banyak dan menunjukkan tingkat kepopulerannya. Terdapat dua opsi pada pilihan ini, yaitu :
a. Tampilkan
b. Sembunyikan

6. Pesan formulir komentar
Pada bagian ini anda bebas untuk menuliskan beberapa kata yang dapat saja merupakan aturan, ajakan atau kebijakan bagi siapa saja yang nantinya ingin berkomentar. Contoh formulir ini adalah :
a. "Dilarang memasukkan link hidup pada kotak komentar"
b. "Komentar yang anda berikan adalah sumbangsih besar bagi kemajuan blog ini"
c. "No spam, No Sara, atau kata-kata yang tidak sopan"

Lebih jauh lagi komentar pada sebuah blog merupakan sarana komunikasi antara pengelola blog dan pembacanya, sehingga apapun yang menjadi pertanyaan dan pernyataan pembaca dapat juga langsung direspon oleh si penulis, hal inilah yang membuat suasana sebuah blog menjadi terasa lebih hidup. Demikianlah cara menyeting/mengatur komentar beserta elemennya yang ada pada Blogspot, semua ini murni dari pengalaman saya selama ini. Bila ada rekan Blogger yang ingin menambahkan, saya persilahkan untuk langsung  berkomentar.
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca CARA MENGATUR KOMENTAR DAN ELEMENNYA PADA BLOGSPOT. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MENGATUR KOMENTAR DAN ELEMENNYA PADA BLOGSPOT"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top