02 January 2014

CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOGGER DENGAN AMAN

Sebenarnya bagaimanakah  cara mengganti template blog berflatform blogger dengan aman ? aman yang saya maksudkan disini adalah bertujuan untuk mengantisipasi berbagai kesalahan yang terjadi atau paling tidak kita bisa meminimalisirnya. Hal-hal yang akan saya tuangkan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saat mengubah tampilan blog ini.

Berbagai pertimbangan dapat menjadi alasan yang cukup kuat sebelum melakukan hal ini namun bila dirangkum intinya adalah penggantian nantinya bertujuan untuk lebih meningkatkan SEO blog dengan elemen keseluruhan yang valid, membuat pengunjung menjadi lebih betah berlama-lama pada tampilan blog yang baru dan tentunya juga membuat anda sebagai pemilik blog puas dan suka pada tampilan tersebut. Tanpa alasan tersebut lebih baik pertimbangkan dipertimbangkan kembali.

Cara mengganti template blog dengan mudah

Berikut ini cara mengganti template blog dengan aman :

Poin pertama yang harus menjadi fokus utama adalah melakukan back-up terlebih dahulu pada template, karena kita nantinya akan melakukan perubahan besar secara keseluruhan. Hal ini juga akan mempermudah sahabat untuk melihat atau membandingkan berbagai setting yang telah dibuat sebelumnya pada template lama. 

Ada dua cara dalam melakukan hal ini : langsung melalui dashboard Blogger pilih Template kemudian Cadangkan/pulihkan terakhir pilih Unduh template lengkap atau bila terlanjur sudah masuk pada halaman pengeditan, copy saja keseluruhan kode-kode HTML yang terlihat lalu pastekan pada notepad dan simpan.

Poin kedua adalah membac-up berbagai widget yang telah dipasang pada blog karena dari pengalaman pribadi saat mengubah template secara otomatis juga elemen ini ikut mengalami perubahan. Karena tidak semua widget akan ditampilkan pada template yang baru. Silahkan buka satu-persatu widget yang telah dimasukkan melalui pengaturan Tata letak pilih Edit agar kode Javascript terlihat kemudian copy-pastekan pada notepad.

Sekarang kita masuk pada bagian inti yaitu mencari template baru, memang benar tidak ada standar baku dalam pemilihan ini karena semua akan kembali lagi pada selera masing-masing namun kita akan mencoba mencari tempalate baru dengan kriteria sebagai berikut : ringan loading, dilengkapi dengan navigasi yang jelas, rapi dan sedap dipandang mata.

Blogger sendiri memberikan opsi pengubahan ini, dari dashboard gunakan pilihan Template kemudian Sesuaikan lalu cari template yang diinginkan. Di halaman ini juga dilengkapi berbagai fitur untuk mengatur layout keseluruhan seperti : lebar halaman, pilihan tata letak/penempatan widget, pengaturan jenis huruf, warna link dan sebagainya. Pilihan ini cocok bagi pemula seperti saya karena nantinya dapat dengan mudah melakukan pengubahan pada berbagai elemen blog secara langsung tanpa melalui edit HTML .

Pilihan kedua adalah mendownload pada penyedia template gratis, yang sekarang ini banyak tersedia. Biasanya hasil  download tersebut akan tersimpan pada format RAR atau ZIP untuk melihat file ini pada folder klik kanan kemudian pilihlah extract here. Kode template baru pada folder tersebut akan terlihat dengan ekstensi/format .XML . File inilah yang nantinya dapat diupload melalui pilihan Template > Cadangkan/pulihkan > Unggah template dari file di hard drive Anda > Browse > Pilih file yang baru saja anda download tersebut.

Tips mudah saat mengganti template :

Untuk sahabat yang sekedar ingin melihat tampilan blog dengan template yang baru dari hasil download, saya sarankan untuk tidak menggunakan pilihan upload file secara langsung. Mengapa demikian? karena proses upload langsung akan mengubah template secara otomatis sedangkan pada kenyataannya kita memiliki pilihan yang banyak.

Untuk itu buka saja file .XML yang tadi didownload menggunakan pilihan klik kanan > open with > notepad lalu copy dan pastekan pada halaman  edit HTML setelah sebelumnya kode template lama dihapus. Klik Pratinjau untuk memastikan dan memutuskan pilihan anda. Langkah ini dapat dilakukan secara berulang-ulang sampai anda menemukan pilihan yang benar-benar cocok dan jangan lupa Simpan template bila sudah menemukan pilihan yang pas.

Tahap akhir :

Tahapan ini adalah bagian terpenting setelah mengganti template dan jangan sampai terlewatkan. Masukkanlah kembali berbagai validasi meta webmaster (Google, Bing, Alexa dan lainnya) yang letaknya dibawah kode <head> template lama. Itulah sebabnya mengapa back-up template pada poin pertama harus dilakukan. Bila hal ini tidak dilakukan maka blog sahabat akan sulit dikenali lagi oleh berbagai robot crawler search engine walaupun nama domainnya tetap sama.

Silahkan kustomisasi dan masukkan lagi berbagai widget yang hilang pada template baru, biasanya ini hanya beberapa saja. Sebagai catatan bahwa terlalu sering melakukan penggantian template akan berefek buruk pada blog. Keputusan mengganti template akan menyebabkan perubahan struktur blog secara keseluruhan dimana hal ini akan membutuhkan waktu bagi robot crawler mesin pencari untuk mengenali struktur blog yang baru. Saran saya jangan sering gonta-ganti seperti mengganti baju, hehe...pengalaman pribadi nih !.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 2:39 PM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.