25 July 2012

BEBERAPA TIPS BUGAR SELAMA BERPUASA




Puasa, Ramadhan, 1433 H, Lebaran, 2012
Untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa banyak tips yang bisa dijalankan, pada umumnya terdapat dua hal pokok yang menjadi perhatian kita yaitu perubahan pola makan dan pola tidur yang harus disiasati dengan baik, agar keduanya dapat berjalan seimbang beberapa tips berikut dapat kita lakukan :

1.    Jenis makanan saat sahur dan berbuka
Berbicara masalah makanan tentunya akan sangat kompleks, tergantung selera dan kemampuan namun alangkah baiknya bila dalam kondisi berpuasa kita lebih memilih makanan yang berkarbohidrat dan berserat tinggi, mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Intinya adalah bagaimana agar makanan yang kita pilih memberi asupan nutrisi, vitamin dan kalori yang cukup bagi tubuh. 

2.    Hindari makan yang berlebihan saat berbuka puasa
Seperti kebiasaan pada umumnya kita ingin berbuka puasa dengan segala hidangan yang ada di depan mata, namanya juga keinginan ya…hehe. Akan tetapi hal tersebut kuranglah baik, karena perut kita pada saat berbuka tidak siap untuk dijejali dengan berbagai makanan. Terlalu banyak makan juga akan membuat ngantuk dan badan menjadi lemas, alhasil pengennya tidur dan shalat tarawihpun terlewatkan. Jika ingin menambah porsi makan, lebih baik dilakukan setelah shalat tarawih.

3.    Perbanyak gerak saat melakukan aktifitas
Sebagian dari kita mungkin memiliki aktifitas kerja yang minim bergerak. Seperti pekerjaan yang mengharuskan kita duduk berjam-jam di depan layar komputer, usahakanlah untuk sekedar berjalan-jalan sebentar menggerakkan badan hal ini berguna untuk menghindari rasa kantuk dan lemas.

4.    Tetap menjaga kebersihan tubuh dan berolahraga ringan
Sangat penting untuk diperhatikan bahwa puasa bukan halangan bagi kita pada point ini, dengan tubuh yang tetap terjaga kebersihannya yang secara psikologis akan membawa efek segar dan semangat pada tubuh kita. Kebugaran tubuh juga dapat dijaga dengan tetap melakukan olah raga ringan seperti senam dan jalan santai, namun tidak berlebihan, hal ini dapat kita lakukan beberapa saat menjelang berbuka puasa.

5.    Tidur yang cukup/jangan begadang
Tidurlah yang cukup setelah menjalankan shalat sunat tarawih usahakan untuk istirahat beberapa jam, hal ini untuk menutupi kurangnya waktu istirahat kita di siang hari dan menjaga agar waktu sahur tidak terlewatkan. Jika memungkinkan tidurlah sebentar pada siang hari, hal ini untuk menjaga agar badan tidak menjadi lemas.

Semoga puasa yang kita jalankan di tahun ini dapat berjalan dengan baik tanpa halangan dan tehitung sebagai amal ibadah yang diridhoi Allah, amien ya rabbal alamien……
Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 1:30 AM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.