28 May 2012

17 TIPS MERAWAT LAPTOP YANG BAIK

Untuk saat ini laptop/notebook adalah barang elektronik  yang bukan merupakan suatu barang mewah lagi, hal ini tergeser karena untuk saat ini memiliki laptop/notebook merupakan tuntutan kebutuhan. Baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan bahkan anak-anak. Kisaran harga laptop sudah mulai dapat dijangkau walaupun tidak murah-murah amat juga sih,..hehe. 

Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips sederhana bagaimana cara merawat laptop/notebook agar penggunaannya dapat tahan lama, tentunya hal ini untuk meminimalisir kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan kita sendiri. Semoga bermanfaat………

1. Pada saat pertama membeli laptop/notebook hal pertama yang harus kita tahu adalah, apakah laptop/notebook memang berfungsi normal atau tidak, saran saya cek dulu semua komponen dan fiturnya di toko tempat kita membelinya. Termasuk dalam hal ini   adalah fungsi keyboard, Layar (LCD), speaker, program-program yang sudah terinstall dan lain-lain. Hal ini untuk memastikan kalau laptop/notebook yang kita beli dalam keaadaan yang benar-benar baik. NB : Simpanlah kartu garansi laptop/notebook anda, karena hal ini akan sangat berguna jika suatu saat ada kerusakan teknis ( dalam pemakaian normal ) dan masih dalam jangka waktu garansi yang diberikan.

2. Jika anda pengguna laptop yang selalu berhubungan dengan internet, pastikan laptop yang baru anda beli tersebut sudah memiliki program anti virus yang baik. Karena sebagaimana kita ketahui bersama internet adalah gudang dari segalanya, dari hal yang baik ataupun hal yang tidak baik. Virus, malware ataupun badware dapat masuk ke laptop kita melalui situs-situs yang kita kunjugi ataupun software yang dengan sengaja kita download. Pastikan anda mendownload software dari situs resminya.

3. Untuk laptop/notebook yang baru dibeli, bacalah buku petunjuk penggunaan  ( manual book ) yang disertakan dalam paket penjualan. Terutama dalam hal perlakuan terhadap battery laptop/notebook. Ikuti petunjuk yang ada, biasanya laptop harus dicarge dalam keadaan mati selama ± 6 atau 7 jam. Hal ini penting untuk menjaga ketahanan battery seterusnya.

4. Pada saat menggunakan laptop/notebook, pastikan sirkulasi udara tempat meletakkan laptop/notebook terjaga. Hal ini untuk menjaga agar suhu laptop/notebook tetap terjaga dan tidak overheat (kelebihan panas).Jadi, pastikan tidak ada benda apapun yang dapat menutup sirkulasi udara pada laptop/notebook anda. Menggunakan laptop/notebook di atas kasur adalah contoh penggunaan yang tidak baik, karena ventilasi laptop/notebook benar-benar dapat tertutup.

5. LCD laptop/notebook adalah komponen yang rentan rusak/bermasalah. Pada umumnya hal ini disebabkan karena pemakai sendiri. Hindari LCD laptop/notebook dari sinar matahari secara langsung, tekanan fisik dan benturan. Jangan menaruh benda apapun di atas laptop/notebook.

6. Kerusakan lainnya, juga bisa disebabkan karena tumpahnya cairan pada keyboard laptop/notebook. Kasus yang paling sering adalah minuman, berhati-hatilah jika anda menggunakan laptop/notebook sambil meminum sesuatu karena laptop/notebook tidak butuh kopi, teh dan sebagainya. Hehe..

7. Hindarkan laptop/notebook dari sumber getaran seperti speaker, mesin dan sumber getaran lainnya.

8. Jaga kebersihan laptop/notebook. Rajinlah membersihkan laptop/notebook dari debu khusus layar, anda dapat menambahkan ‘LCD protector’ agar layar terlindung dari goresan. Gunakanlah kain yang lembut atau kapas untuk membersihkan layar.

9. Gunakan selalu tas laptop/notebook saat membawa laptop/notebook berpergian.

10. Jangan memindahkan laptop/notebook dalam keadaan hidup. Karena laptop/notebook dalam    keadaan hidup, berarti hardisknya sedang bekerja, jika head harddisk menggores cylinder maka hal ini akan berakibat fatal.

11. Jauhkan laptop/notebook dari sumber panas/dingin, perubahan cuaca yang ekstrim dan sumber magnet yang kuat.

12. Pada saat laptop/notebook mau digunakan, bukalah layar/LCD dengan hati-hati dan jangan dengan kekuatan yang berlebihan.

13. Jika terdapat masalah dengan laptop/notebook, usahakan bertanya dahulu pada orang yang memiliki pengetahuan komputer. Atau bila terpaksa diservice, pastikan tempat  service adalah resmi dan terpercaya. Jika masih dalam masa garansi, bawalah ke toko tempat anda membeli laptop/notebook tersebut. Jagalah jangan sampe segel garansi rusak.

14. Saat memindahkan laptop/notebook, peganglah pada bagian bawah keyboard dan jangan memindahkannya dengan memegang bagian display/layar.

15. Jangan menaruh handphone di dekat laptop/notebook yang sedang hidup. Karena pancaran gelombang yang dikeluarkan handphone dapat merusak kinerja laptop/notebook.

16. Perhatikan tegangan listrik pada saat mencarge battery, jika tegangan listrik pada saat itu kurang stabil, lebih baik ditunda dulu.

17. Gunakan software battery care untuk lebih mempermudah pengawasan anda terhadap penggunaan battery. Software ini sangat membantu untuk memberitahukan anda, kapan saat mencarge dan kapan saat battery full carge. Software ini dapat didownload secara gratis di situs resminya : www.batterycare.net

Okay, sekian tips sederhana dari saya. Tentunya hal ini masih jauh dari sempurna. Sumbang saran dan kritikan dari pembaca adalah hal yang sangat berarti bagi saya.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 12:22 AM

2 comments:

  1. wah, artikel berguna nih, kalo ga takut ma sang panda, pasti saya copas,hehe..
    terus berbagi gan, sukses dengan blog nya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas support & kunjungannya ne gan...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.