Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MENGOPTIMALKAN KINERJA KOMPUTER


Setelah postingan pertama saya, kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara mengoptimalkan kinerja komputer. Akses yang cepat dan kinerja yang baik dalam menggunakan komputer adalah keiginan semua pemakai komputer.

Optimalnya kinerja komputer, menurut pengalaman saya dapat dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor yaitu : ketersediaan ruang hardisk yang cukup terutama drive C dan yang kedua adalah pengetahuan dari pengguna komputer sendiri tentang bagaimana cara mengoptimalkan kinerja komputer. Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan seperti di bawah ini :

1.  Kapasitas Harddisk
Perhatikan ruang yang tersedia pada drive C komputer anda, cara mengeceknya adalah dengan membuka My Computer---->pilih drive C--->klik kanan--->pilih properties dan lihat disana kapasitas drive C tergambar oleh sebuah diagram yang terbagi menjadi dua bagian. Warna biru mewakili ruang di drive C yang sudah terpakai dan warna merah muda mewakili ruang drive C yang masih kosong atau belum terpakai. Semakin banyak program yang terinstall pada komputer anda maka makin besar pula ruang yang terpakai pada harddisk komputer anda. Saran saya untuk mengoptimalkan kinerja komputer, hapuslah program-program kurang penting yang memiliki kapasitas besar dan memakan ruang harddisk anda. Saya pribadi menggunakan Revo Uninstaller untuk menghapus program-program yang ada di komputer saya. Kelebihan yang dimiliki tool ini adalah, fitur yang dimiliki cukup lengkap. Mulai dari gambaran terperinci tentang semua program yang ada pada komputer kita beserta ukuran filenya dan yang terpenting adalah tool ini dapat menghapus suatu program dengan cepat beserta atribut filenya sampai ke akar-akarnya.

2.  Menghapus file sampah pada komputer anda
File sampah dapat diartikan sebagai file sisa dari suatu aktivitas komputer seperti installasi program, penghapusan suatu program, file temporary setelah menjelajah internet dan sebagainya. Jika tidak dibersihkan file-file ini akan memperlambat kinerja komputer karena file ini juga membani hard disk. Saya pribadi menggunakan C-Cleaner dan Tune up utilities untuk mengatasi hal tersebut. Jika belum punya cari saja di Mbah Google dan dowload di situs resminya ya.......hehe

 3.  Pastikan komputer anda bebas dari virus
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bila virus, malware, trojan, spyware dan sejenisnya adalah momok dan ancaman bagi komputer kita. Komputer yang telah terjangkit virus, kinerjanya akan terganggu karena sifat virus yang merusak dan mengacak-acak sistem komputer kita. Saran saya gunakanlah anti virus yang memiliki fitur lengkap untuk mengatasi hal tersebut. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah anda harus tetap melakukan update (pembaharuan basis data baru) secara berkala untuk antivirus yang terpasang pada komputer anda. Karena virus dan kroninya juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Saat ini AVG anti virus free edition 2012 dan Smadav terbaru versi 9.0 dapat dijadikan solusi. Satu untuk menangani virus lokal buatan dalam negeri dan satunya lagi untuk menagani virus buatan luar. Pemakaian keduanya juga dapat berjalan dengan baik, tanpa saling mengganggu kinerja masing-masing.

NB : Tulisan singkat saya ini , bukan bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk menggunakan produk-produk tersebut di atas. Tapi semata-mata berdasarkan pengalaman pribadi saya. Silahkan anda memilih sendiri produk mana yang paling cocok bagi anda.
Labels: TIPS

Terima kasih telah membaca CARA MENGOPTIMALKAN KINERJA KOMPUTER. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MENGOPTIMALKAN KINERJA KOMPUTER"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top