Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

ISTILAH-ISTILAH PENTING YANG PERLU DIKETAHUI BLOGGER PEMULA


Pada awal masuk ke dalam dunia blog, kita akan dihadapkan dengan istilah-istilah asing yang sebelumnya tidak pernah kita dengar. Bagi blogger pemula seperti kita pemahaman terhadap istilah-istilah tersebut wajib hukumnya. Dalam kesempatan ini saya akan menguraikan beberapa istilah dasar yang sangat sering digunakan pada aktifitas blog , beberapa istilah tersebut antara lain :


1.   Blogger
Pengelola suatu blog bisa perorangan ataupun sebuah organisasi.

2.    Backup template
Cadangan file template yang kita dapatkan setelah mendownloadnya, digunakan untuk berjaga-jaga dan mengembalikan template ke settingan semula sebelum adanya pengeditan.

3.    Backlink
Adalah suatu tautan yang berisi alamat situs lain pada suatu situs. Semakin banyak backlink maka diharapkan akan meningkatnya pengunjung situs yang memiliki backlink tersebut.

4.    Blogwalking
Berkunjung kepada blog-blog lain yang dilakukan oleh pemilik suatu blog yang bertujuan untuk sekedar memberikan komentar atau mempromosikan blognya.

5.    Crawl
Proses pembacaan atau perambahan suatu situs/blog oleh mesin mencari seperti Google.

6.    Dashboard
Suatu halaman utama yang berisi menu-menu pengaturan dan gambaran umum yang dimiliki oleh sebuah blog/situs. Dari dashboard ini pula pengelola blog dapat melakukan berbagai macam perubahan setting dan kontrol terhadap blog tersebut.

7.    Edit HTML
Proses edit/melakukan perubahan terhadap template suatu blog.

8.    Eksternal link
Kebalikan dari internal link, alamat yag terdapat pada suatu blog tetapi tujuannya mengarah kepada situs lain biasanya link ini terdiri dari link download atau sumber referensi.

9.    Internal link
Kumpulan alamat ( http://.............. ) yang ditanamkan oleh pemilik blog pada umumnya digunakan untuk saling mengaitkan suatu artikel dengan artikel lainnya dalam blog itu sendiri.

10.  Kode Java/HTML
Adalah suatu kumpulan kombinasi-kombinasi kode yang dapat digunakan sebagai perintah dan dimengerti oleh pemograman HTML itu sendiri.

11.  Popular Post
Daftar artikel blog yang paling sering dibaca oleh pengunjung blog tersebut.

12.  Posting
Kegiatan membuat artikel sampai dengan mempublikasikannya kepada publik yang dilakukan oleh penulis blog.

13.  Meta Tag
Sekumpulan bahasa HTML yang disematkan ke dalam template, berguna untuk mempermudah mesin pencari mendeskripsikan isi/konten yang terdapat dalam suatu blog.

14.  Random Post
Daftar artikel pada suatu blog yang ditampilkan secara acak atau tidak berurutan.

15. Robot.txt
Fitur yang ditambahkan pada settingan blog, yang berfungsi untuk mempermudah mesin pencari merayapi suatu blog. Dengan pengaturan ini pemilik blog dapat menentukan bagian dari blog yang boleh atau tidak boleh dirayapi oleh mesin pencari. 

16. SEO
Search Engine Optimation, sekumpulan teknik yang diterapkan oleh pengelola blog dengan tujuan agar mesin pencari menyukai blog tersebut, seperti cepatnya indeks oleh mesin pencari terhadap perubahan blog tersebut ( postingan baru cepat terindeks).

17. Template blog
Dapat diartikan sebagai Fondasi dasar sebuah blog atau tempat pengaturan blog baik dalam pengaturan tampilannya secara lansung seperti bentuk blog yang ingin di tampilkan, warna latarnya, terbagi menjadi berapa kolom, pengaturan lebar dan sebagainnya. Yang kedua template ini juga berkaitan dengan pengaturan tampilan melalui pengaturan bahasa Java/HTML.

18. Terindeks
Terbaca atau tercantum di dalam daftar pencarian suatu mesin pencari.  

19. Traffic
Peringkat yang disandang oleh sebuah situs, yang menggambarkan seberapa sering situs tersebut dikunjugi oleh publik.

20. Webmaster tool
Sebuah media khusus yang disediakan oleh mesin-mesin pencari popular seperti : Google, Yahoo dan Bing untuk mempermudah pemilik suatu situs/blog mengelola dan memasukkan situs mereka ke dalam daftar pencarian mereka.

21. Widget
Kumpulan tool dari pihak ketiga, yang bisa di tambahkan langsung ke dalam blog untuk fungsi-fungsi tertentu contohnya : widget arsip, popular post, widget untuk mengetahui jumlah pengunjung, dan sebagainya.


Semoga uraian singkat saya tersebut dapat menambah referensi dan pemahaman untuk sobat-sobat blogger.

Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca ISTILAH-ISTILAH PENTING YANG PERLU DIKETAHUI BLOGGER PEMULA. Jika bermanfaat silahkan dishare

8 Comment for "ISTILAH-ISTILAH PENTING YANG PERLU DIKETAHUI BLOGGER PEMULA"

Istilah yang memang harus saya ketahui sebagai blogger pemula sob,,,terkadang hanya tahu nama tetapi pengertiannya belum jelas,,,,terima kasih untuk memberikan informasi yang berguna untuk saya sob

sama-sama sob, saya juga masih belajar. Rajin-rajin share adalah salah satu cara menambah wawasan dan sudut pandang kita...

Salam ..........
kami berkunjung ke blog anda dan terima kasih sudah bersedia berkunjung. Pertanyaan anda sudah kami jawab. Ringkasan saya ulang. Untuk duplikat head / duplikat keyword pada tag head tidak boleh kembar, bisa di siasati dengan memberi tanda khusus atau di pisah, yang penting tidak kembar, jika kembar ada toleransi tidak boleh lebih dari 4 duplikat.

Trima kasih juga mas, atas responnya. Sangat membantu skali untuk pemula seperti saya..

dari : PutraArifPrasetyo.Blogspot.Com
artikel : http://putraarifprasetyo.blogspot.com/2012/06/menggunakan-tynt-publisher-tools-untuk.html#axzz21164JcN4
@goez
ya..berdoa saja kalau dia nggak tahu atribut itu.. hiks... atau enggak gunakan aplikasi dari copyscape atau dmca untuk memblokir si pencuri tersebut.

Jadi seperti ini : pertama daftarin dulu situs kamu di dmca, terus cari pencuri konten lewat copyscape... kemudian cari si pencuri tersebut melalui copyscape.... lalu lakukan take down di dmca... selesai...

tapi semakin banyak yang copas juga bikin pengunjung kita lebih banyak bukan..???

semoga bermanfaat...

ya, sob..di balik sisi negatifnya ada juga sisi positifnya.

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top