Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

Persiapan sebelum membuat posting blog

Membuat tulisan atau posting merupakan kegiatan mengasyikkan bagi kita sebagai pemilik blog atau situs. Karena melalui tulisan tersebut kita dapat menuangkan segala ide/pemikiran dan membaginya kepada orang lain.
Bagi saya mempersiapkan suatu artikel, membutuhkan persiapan matang antara lain seperti poin-poin berikut ini :

  1.  Tema tulisan yang akan diangkat
Tentukan hal pokok apa yang akan menjadi topik pembahasan, sejauh mana penguasaan kita terhadap materi dan unsur-unsur apa saja yang ada di dalamnya. Fokuskan pada poin ini dulu agar artikel tersebut nyambung, terarah dan tidak melebar kemana-mana.

  2.  Apa saja artibut yang akan kita tambahkan?
Fikirkan untuk artikel yang sifatnya teknis, apakah kita akan melengkapinya dengan gambar-gambar atau video tutorial. Karena penambahan atribut ini akan sangat membantu pembaca untuk memahami artikel kita.

  3.  Sumber data
Tulisan yang baik tentunya memiliki sumber data pendukung, yang menguatkan kalau artikel tersebut benar-benar relevan, logis dan masuk akal. Sumbernya dapat  bermacam-macam, contonya : media (internet, televisi, majalah, buku) dan dari pengalaman pribadi kita sebagai penulis.

  4.  Bersifat komunikatif dan informatif
Usahakan agar pemaparan artikel tersebut mampu mengajak pembacanya untuk berinteraksi dan tidak monoton, memenuhi kebutuhan dan keinginan pembaca karena apa yang mereka cari bisa mereka dapatkan dari artikel kita.

  5.  Menggunakan bahasa yang baku dan umum
Persiapkan agar tulisan tersebut dapat mudah dipahami oleh siapa saja yang membacanya (bila temanya: bersifat umum). Akan tetapi hal ini dapat tergantung kembali pada tema dan segmen pembaca yang kita tuju. Contonya : tulisan yang mengangkat teknik SEO, akan sangat sulit dipahami oleh pembaca yang sama sekali buta dalam pengetahuan blog.

  6.  Gaya penulisan
Berkaitan dengan bagaimana cara penyampaian artikel melalui bahasa yang mudah di mengerti, padat, lugas dan yang terpenting tidak menimbulkan penafsiran berbeda bagi orang yang nantinya membaca artikel tersebut.

  7.  Editing
Ini langkah terakhir yang sangat penting, dengan melakukan peninjauan ulang terhadap artikel yang sudah selesai kita buat, bertujuan untuk memastikan kalau artikel tersebut terhindar dari berbagai kesalahan baik dalam penggunaan : tanda baca, ejaan kata, bahasa yang digunakan dan sebagainya. Saran saya, baca lagi artikel tersebut berulang kali sebelum publikasikan.

Semoga apa yang saya tuliskan di atas dapat bermanfaat , apakah sobat punya pendapat lain?
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca Persiapan sebelum membuat posting blog. Jika bermanfaat silahkan dishare

2 Comment for "Persiapan sebelum membuat posting blog"

Saya setuju sekali sob dengan ke 7 poin di atas, dengan menyiapkan segalanya maka konten yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang bagus

Ya,sob..moga aja kedepannya kita bisa membuat artikel-artikel yang lebih baik dan berkualitas. Mantap tuh blognya,oboy :)

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top