Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

8 MANFAAT BLOGWALKING BAGI BLOG

Manfaat blogwalking bagi blog, blogspot, blogger, wordpress, blogdetik, SEO, off page, terbaru 2012
Blogwalking dapat diartikan sebagai suatu kegiatan dari seorang admin/pengelola blog untuk berkunjung dari satu blog ke blog lain. Walaupun kedengarannya sederhana namun sebenarnya blogwalking ini memiliki beberapa manfaat bagi blog yang kita kelola, disini saya akan menguraikannya menjadi 8 item.

8 Manfaat blogwalking bagi blog adalah sebagai berikut :

1. Menjadi sarana saling mengenal sesama pengelola blog
Dengan berkunjung dari satu blog ke blog lain, dan meninggalkan komentar maka secara alami hal ini telah membuka jalan kita untuk saling mengenal dan diharapkan akan memperat tali silaturahmi sesama pengelola blog.

2. Menjadi sarana untuk mempromosikan blog
Bagi blog baru seperti blog saya ini, kegiatan blogwalking dapat menjadi sarana untuk mempromosikan blog yaitu dengan berkomentar dan meninggalkan link yang mengarah pada blog kita. Dalam hal ini yang perlu menjadi perhatian adalah, aturan berkomentar oleh pemilik blog yang kita kunjungi. Bila mereka tidak memperbolehkan mencantumkan link sebaiknya hal ini kita hormati, maka carilah blog-blog yang memperbolehkan pencantuman link.

3. Memunculkan ide atau gagasan baru
Ide atau gagasan baru tentang bahan penulisan artikel juga dapat muncul saat kita melakukan aktifitas blogwalking ini. Karena seringnya melakukan aktifitas blogwalking ini, ide-ide segar untuk menulis bisa kita dapatkan. Kita bisa saja menulis topik yang sama, yang penting jangan sampai copy-paste. Hak cipta dalam dunia blogging adalah di atas segalanya !

4. Sebagai bahan pembanding
Dalam hal ini, kita dapat melakukan aktifitas blogwalking pada blog-blog yang mengangkat topik/tema yang sama dengan blog kita. Dengan demikian kita dapat mengintropeksi diri dan melihat kekurangan yang ada di blog kita.

5. Meningkatkan trafik blog
Dengan meninggalkan komentar yang bermutu pada blog yang kita kunjugi diharapkan pemilik blog tersebut akan melakukan kunjungan balik ke blog kita. Demikian juga dengan sobat-sobat lain yang melihat komentar sobat di blog tersebut.

6. Memperoleh backlink yang berkualitas
Pada point ini, lakukanlah blogwalking pada blog-blog doffolow yang memberikan backlink searah, apalagi bila blog tersebut memiliki page rank yang tinggi maka dapat dipastikan baclink yang kita peroleh tersebut adalah backlink yang berkualitas.

7. Meningkatkan status blog di search engine
Ini terkait dengan backlink yang telah kita peroleh sebelumnya, semakin banyak backlink maka status blog di mata search engine juga semakin bagus.

8. Wawasan kita akan selalu update
Perkembangan dunia blog sangatlah pesat, dengan rajinnya kita melakukan aktifitas blogwalking ini maka perkembangan terbaru yang telah dishare oleh sobat blogger lainnya akan segera kita ketahui.

Oleh pakar SEO Bloggwalking sebenarnya termasuk ke dalam teknik SEO off page yaitu cara mengoptimalkan blog di search engine di luar optimasi langsung yang kita lakukan pada blog. Menyadari akan manfaatnya, maka tidak ada salahnya jika saya mengatakan "mari budayakan aktifitas blogwalking dan meninggalkan komentar di blog lain".
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca 8 MANFAAT BLOGWALKING BAGI BLOG. Jika bermanfaat silahkan dishare

8 Comment for "8 MANFAAT BLOGWALKING BAGI BLOG"

Saluut, senang membaca artikel ini, salam kenal n salam sukses:)

Znathar >> Sukses juga buat sobat :)

sukses buat anda, kunjung balik ke
maruf-blog.blogspot.com
sekalian ditunggu follownya

Terima kasih atas kunjungannya, sukses juga buat anda. Segera meluncur ke TKP !

nice info gan, salam kenal sesama blogger
di tunggu kunjungan baliknya

Trima kasih, siap meluncur ke blog mas Rea..

Blogwalking merupakan hal yang tidak bisa kita lupakan ya sob, sebab selain mendulang trafik, ternyata blogwalking termasuk strategi tepat untuk mendapatkan banyak pengunjung dan teman :D.

Ibrahim @ iya mas, trima kasih udah saling ngingetin & salam knal...

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top