Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MENCARI FILE BERDASARKAN WAKTU PEMBUATANNYA

Sering kali terjadi saat ingin mencari sebuah file yang baru beberapa hari kita simpan dalam folder tertentu, membutuhkan waktu yang agak lama. Hal ini dapat disebabkan oleh :

- Lupa nama file

- Dalam folder tersebut terdapat banyak sekali file

- Banyaknya nama file yang mirip

Alternatif dari masalah ini adalah mencari file dengan mensortirnya berdasarkan waktu pembuatannya. Untuk itu, kita dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki windows sendiri atau dengan kata lain tanpa software apapun. Syaratnya adalah kita harus tahu folder tempat menyimpan file tersebut dan perkiraan tanggal atau bulan pembuatannya.

Jadi dasar pencarian file ini adalah waktu : baik tanggal, bulan atau tahun pembuatan file. Cara menggunakan pilihan ini adalah sebagai berikut :

1. Buka Windows exploler dan folder tempat penyimpanan file

2. Klik kanan, kemudian pilih Sort by

3. Pilih Date modified

Hasil dari cara ini adalah, semua file yang ada di folder tersebut akan disusun berdasarkan waktu pembuatannya. Cara ini tentu akan mempermudah pencarian, karena file yang terbaru disimpan akan ditampilkan secara tersusun dari atas ke bawah. Hal ini efektif digunakan bila waktu pembuatan file belumlah lama, bisa beberapa hari atau dalam hitungan minggu. Untuk pencarian file yang lebih kompleks sobat dapat menggunakan software kecil bernama Everything yang telah saya posting beberapa waktu yang lalu.
Labels: TIPS

Terima kasih telah membaca CARA MENCARI FILE BERDASARKAN WAKTU PEMBUATANNYA. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MENCARI FILE BERDASARKAN WAKTU PEMBUATANNYA"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top