06 February 2013

PENGERTIAN TROJAN DAN CARA MENGANTISIPASINYA

Pengertian Trojan

Sebagai pengguna komputer istilah virus adalah sebuah momok, atau bahkan diantara kita mungkin pernah mengalaminya. Di antara berbagai macam virus tersebut, terdapat sebuah varian berbahaya bernama trojan . Nama lengkapnya adalah trojan horse (kuda troya) yang diambil dari kronologi perang troya saat pasukan Yunani berusaha menembus benteng dengan bersembunyi pada sebuah patung kayu berbentuk kuda. Yah...mungkin dari kronologi tersebut istilah trojan ini berawal karena cara kerja virus ini yang menyerang sistem komputer secara perlahan dan tanpa disadari penggunanya bila dalam kondisi online dikendalikan dari komputer lain (attacker).
Berbeda dengan worm yang sifatnya langsung merusak sistem (crash) maka trojan biasanya seolah-olah terlihat sebagai sebuah program baik sehingga agak sulit untuk terdeteksi . Penyebaran utama trojan bisanya melalui aktifitas internet, saat seseorang mendowload aplikasi bukan dari sumber resminya yang didalamnya sudah tersusup source kode trojan, untuk penyebaran lainnya biasanya melalui eksekusi file dengan exstensi EXE atau COM.

Tujuan pembuatannya

Tujuan pembuatan dan penyebaran trojan ini digunakan untuk hal-hal negatif seperti : mencuri password, merekam setiap ketukan keyboard (keylogger) dan mengirimkannya pada server penyerang, mengambil alih hak administrator sebuah komputer lain dan mengacak-acak sistemnya, menyusupi sebuah program dan mengacak-acak atributnya sehingga program tersebut tidak dapat dijalankan.

Langkah antisipasi Trojan

Untuk mengantisipasi serangan trojan ini, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan :
1. Install anti virus terpercaya dan lakukan update secara teratur, terutama saat terhubung dengan internet.
2. Berhati-hatilah saat terhubung dengan internet, jika sahabat melakukan aktifitas download pastikan dari sumber yang terpercaya (resmi).
3. Scan terlebih dahulu file apapun yang telah selesai didownload.
4. Lakukan scan terlebih dahulu sebelum membuka  media penyimpanan (hard disk & Flash disk) orang lain yang digunakan pada komputer sahabat.
5. Saat bertransaksi melalui internet (keuangan) pastikan halaman login yang sahabat buka adalah halaman asli.
6. Selalu aktifkan Windows firewall, jangan pernah mematikan fitur ini.

Demikian pembahasan singkat saya mengenai pengertian trojan, bahaya dan cara mengatisipasinya semoga dapat bermanfaat.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 11:21 PM

1 comment:

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.