Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

FUNGSI COUNTIF DAN PENGGUNAANNYA PADA EXCEL 2007

Fungsi COUNTIF pada excel 2007 dapat saya artikan sebagai suatu fungsi (rumus) yang digunakan untuk mencari jumlah dari suatu kriteria tertentu yang terdapat pada sekumpulan data yang sifatnya masih acak (kriterianya beragam). Misalkan saja data nilai mahasiswa, stok barang, harga jual dan lain-lain.

Untuk lebih mengenal penggunaan fungsi COUNTIF pada excel 2007 ini, saya mencontohkannya dalam bentuk data nilai mahasiswa pada gambar berikut :


cara menggunakan fungsi countif di excel

Pada tabel tersebut terlihat bahwa nilai akhir yang diperoleh oleh mahasiswa beragam yaitu A, B, C, D dan E dimana data ini tersaji pada kolom C dengan range antara C3 sampai dengan C12 (lihat tanda panah merah). Untuk mengetahui berapa jumlah mahasiswa dengan masing-masing kriteria nilai tersebut, di kolom C14 (sesuai dengan gambar) kita dapat mengetikkan rumus  =COUNTIF(C3:C12;"A") lalu enter, demikian pula seterusnya untuk mencari jumlah kriteria nilai yang lain, rumus yang digunakan sama hanya saja kriteria yang terdapat pada tanda petik tersebut yang diganti. Misalkan untuk mencari jumlah mahasiswa dengan nilai B, rumus yang digunakan adalah =COUNTIF(C3:C12;"B") .

Bila semua rumus fungsi COUNTIF sudah kita masukkan, data tersebut akan terlihat seperti gambar berikut :
cara menggunakan fungsi countif di excel

Tambahan : Bila rumus tersebut gagal maka gunakanlah tanda koma ( , ) untuk menggantikan tanda titik koma ( ; ) pada rumus COUNTIF yang sahabat gunakan.

Sahabat dapat menggunakan logika rumus tersebut sesuai dengan data dan kebutuhan. Demikianlah paparan singkat saya tentang penggunaan fungsi COUNTIF pada excel 2007, semoga bermanfaat.
Labels: EXCEL, TIPS

Terima kasih telah membaca FUNGSI COUNTIF DAN PENGGUNAANNYA PADA EXCEL 2007. Jika bermanfaat silahkan dishare

2 Comment for "FUNGSI COUNTIF DAN PENGGUNAANNYA PADA EXCEL 2007"

Mantap untuk rumus fungsi countifnya sob. Teruslah berkarya dan sukses slalu untukmu sobatku.

Ya,.sob. Semoga bermanfaat & terima kasih atas kunjungannya.

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top