Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

BAGAIMANA CARA MENGUBAH WARNA LINK BLOG (BLOGSPOT) ?

Bagi saya berbagi pengalaman nge-blog adalah seuatu hal yang menyenangkan terutama bagi sesama pengguna flatform Blogspot (Blogger.com). Dalam kesempatan ini kita akan membahas cara mengubah warna link yang ada di blog, melalui fasilitas edit HTML. Sebenarnya hal yang sama juga dapat kita lakukan melalui menu "ubah sesuaikan" akan tetapi untuk lebih lengkapnya saya lebih memilih pengubahan ini melalui edit HTML Blogger.

Apakah yang dimaksud dengan link? untuk menyatukan pemahaman kita, link saya definisikan sebagai sebuah alamat internet yang mengarah pada sebuah home page Website, Blog ataupun artikel. Tujuan mengubah warna link ini lebih kepada penyesuaikan dengan warna latar template dan lebih enak dilihat sehingga pengunjung akan merasa betah berlama-lama, apalagi bila blog tersebut berisi konten-konten yang berkualitas. Tambah top tuh :)

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya :

1. Setelah masuk pada dashboard Blogger, klik Template dan pilih edit HTML. Untuk sahabat yang masih asing dengan tampilan baru pengeditan ini, dapat membaca artikel saya sebelumnya.

2. Setelah masuk pada kotak edit HTML (pointer mouse harus ada dalam area kotak), tekan kombinasi Ctrl + F lalu cari tiga kode berikut ini :

a. Warna seluruh link yang ada di blog (tidak termasuk script iklan) terwakili oleh kode

  a:link{text-decoration:none;color:#000000}

kode #000000 akan menghasilkan warna hitam, silahkan sahabat ganti dengan warna yang diinginkan.

b. Untuk memberikan perbedaan pada link yang telah dikunjungi/dibaca pengunjung, dapat kita atur melalui kode berikut
   
  a:visited{text-decoration:none;color:#808080}

#808080 menghasilkan warna abu-abu, silahkan diganti sesuai dengan keinginan sahabat. Pembedaan warna ini akan memudahkan navigasi karena pengunjung blog akan mudah menandai mana artikel yang sudah atau belum dibacanya.

c. Selanjutnya adalah kode untuk memberi atribut pada link yang disorot mouse

  a:hover{text-decoration:none;color:#000000}

Misalkan warna seluruh link yang ada di blog berwarna hitam dan sahabat menginginkan warna link tersebut berubah menjadi biru dengan atribut italic (miring kanan) ketika disorot mouse maka kode di atas harus diubah menjadi :
   
  a:hover{text-decoration:italic;color:#0000FF}


3. Bila semuanya sudah ditentukan, klik pratinjau terlebih dahulu untuk melihat hasil perubahan dan kalau hasilnya sudah sesuai dengan keinginan barulah disave.

Bagi sahabat yang kesulitan menentukan kode warna, dapat mengunjungi alamat berikut. Demikian aturan umum tentang cara mengubah warna link pada blog berflatform Blogspot, tentunnya anda dapat lebih berkreasi lagi dengan kode-kode di atas. Selamat mencoba...
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca BAGAIMANA CARA MENGUBAH WARNA LINK BLOG (BLOGSPOT) ?. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "BAGAIMANA CARA MENGUBAH WARNA LINK BLOG (BLOGSPOT) ?"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top