Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MENGGABUNGKAN HALAMAN POTRAIT DAN LANDSCAPE DI WORD 2007

Apakah sahabat pernah membuka sebuah file di Ms. Word 2007 yang halamannya tidak diatur seragam ke satu tampilan potrait atau landscape? memang benar, untuk jenis-jenis dokumen tertentu kita diharuskan untuk menggabungkan kedua model orientasi kertas tersebut, misalkan saja untuk menyajikan data dalam bentuk tabel yang panjang maka mode landscape adalah jawabannya.


Untuk menggabungkan mode potrait dan landscape pada Word 2007, dapat sahabat lakukan melalui beberapa langkah berikut ini :
1. Setelah berada pada halaman word > Pilih tab Page Layout > klik tanda panah kecil di pojok kanan bawah pilihan ini, untuk lebih memperjelas silahkan perhatikan gambar berikut :

MENGGABUNGKAN HALAMAN POTRAIT DAN LANDSCAPE DI WORD 2007

2. Jendela Page Setup akan muncul seperti gambar berikut :

MENGGABUNGKAN HALAMAN POTRAIT DAN LANDSCAPE DI WORD 2007

Keterangan gambar sesuai dengan kotak merah yang saya tandai :

a. Pada Orientation pilihlah salah satu mode tampilan kertas yang diinginkan apakah Potrait (posisi vertikal) atau Landscape (horizontal).

b. Apply to, memiliki tiga pilihan yaitu :
  • This section : Pilihan untuk mengubah orientasi kertas hanya pada halaman dimana kursor mouse ditempatkan (pada halaman baru, pilihan ini belum terlihat). Triknya silahkan tekan enter pada keyboard sampai beberapa halaman terlihat.
  • This point forward : Untuk mengubah sebuah halaman sesuai dengan pilihan kita baik itu potrait ataupun landscape dan diikuti oleh halaman selanjutnya. Misalkan anda menggunakan pilihan ini pada halaman 3 maka halaman 4, 5, 6 dan seterusnya juga akan mengikuti.
  • Whole document : Melalui pilihan ini maka seluruh halaman Word tanpa terkecuali akan memiliki orientasi yang sesuai dengan pilihan kita, baik potrait ataupun landscape.

3. Jika semua pilihan sudah ditentukan klik OK

Tips tambahan :
Untuk mengubah mode sebuah halaman tertentu saja, gunakan pilihan This section. Hal ini juga berlaku bila anda ingin mengembalikan orientasi halaman tersebut ke mode sebelumnya.

Demikian sedikit tips cara menggabungkan halaman potrait dan landscape di Word 2007, bila ada yang belum jelas dalam tulisan saya ini..silahkan sahabat tanyakan melalui kolom komentar.
Labels: TIPS, WORD

Terima kasih telah membaca MENGGABUNGKAN HALAMAN POTRAIT DAN LANDSCAPE DI WORD 2007. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "MENGGABUNGKAN HALAMAN POTRAIT DAN LANDSCAPE DI WORD 2007"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top