Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MEMBUAT HURUF AWAL LEBIH BESAR (DROP CAP) DI WORD 2007

Apakah sahabat sering melihat bentuk penulisan sebuah berita pada majalah atau surat kabar, bila diperhatikan secara seksama, pada awal tulisan paragraf pertamanya menggunakan huruf besar/kapital yang ukurannya melebihi huruf lainnya atau dikenal dengan istilah drop cap. Kabar baiknya, bagi pengguna Word 2007 dapat dengan mudah membuat bentuk tulisan seperti itu karena fitur tersebut sudah terintegrasi sehingga kita dapat dengan otomatis menggunakannya.

Berikut cara menggunakan fungsi drop cap :
1. Silahkan ketikkan saja seperti biasa apa yang menjadi tulisan anda sampai selesai.

2. Blok paragraf pertama >  klik tab Insert > lalu pilih menu Drop cap yang berisi 2 (dua) pilihan default yaitu Dropped, In margin atau anda dapat mengatur sendiri posisi huruf awal tersebut melalui pilihan ketiga yaitu Drop cap option.

3. Jika semua sudah sesuai dengan keinginan simpan hasil perubahan ketikan anda dengan kombinasi Ctrl + S.

Untuk penggunaan standar, seperti membuat dokumen resmi di kantor, perusahaan atau laporan trik ini memang jarang digunakan. Berbeda halnya dengan seorang pengetik dokumen untuk sebuah majalah atau surat kabar. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga bila tips ini kita ketahui bersama sekedar untuk memperkaya referensi penggunaan Word 2007 atau suatu saat memang kita butuhkan. Demikian cara membuat huruf awal ketikan menjadi lebih besar menggunakan fitur drop cap, semoga bermanfaat.
Labels: TIPS, WORD

Terima kasih telah membaca MEMBUAT HURUF AWAL LEBIH BESAR (DROP CAP) DI WORD 2007. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "MEMBUAT HURUF AWAL LEBIH BESAR (DROP CAP) DI WORD 2007"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top