15 June 2013

TIPS MEMBELI HANDPHONE YANG ASLI (ORIGINAL)

Apakah saat ini anda berniat untuk membeli sebuah Handphone ? mungkin saja tulisan ini bisa menjadi bahan masukan anda sebelum melakukan pembelian. Handphone adalah sebuah gadget yang paling banyak dimiliki oleh orang Indonesia saat ini, tidak salah lagi selain fungsi utamanya yang vital sebagai alat komunikasi harganya-pun relatif terjangkau dan merata untuk setiap segmen (dari yang termurah sampai dengan yang termahal ada).

Menyadari akan hal tersebut, oleh sebagian orang hal ini dijadikan sebagai peluang untuk mendaur-ulang handphone atau istilah yang sering kita dengar adalah "rekondisi". Handphone jenis ini bila dilihat dari luar sekilas memang terlihat baru, baik cassing, kotak kemasan dan aksesoris lainnya sedangkan onderdil/jeroan HP dapat dipastikan bekas . "Teliti sebelum membeli" adalah istilah yang paling tepat digunakan dalam hal ini. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini beberapa tips yang bisa kita gunakan saat membeli handphone :

1. Membeli pada oulet resmi
Hal ini menjadi point utama, karena dengan membeli handphone pada distributor resmi akan menghilangkan segala keraguan anda tentang produk tersebut. Logika sederhananya, tidaklah mungkin distributor resmi akan menjual produk palsu atau abal-abal. Jadi, carilah outlet resmi yang ada di kota anda.

2. Cek semua fitur dan kelengkapan handphone
Poin ini juga sangat penting dan tidak boleh terlewatkan, cobalah cek semua fitur yang dimiliki handphone seperti : konektivitas/sinyal, keyboard saat digunakan mengetikkan SMS, kualitas suara, charger, headset dan lain-lain. Pastikan semuanya bekerja dengan baik.

3. Pastikan garansi handphone
Di pasaran biasanya ada dua jenis garansi yang diberikan, yaitu : garansi resmi dan garansi toko. Pastikan anda membeli handphone yang memiliki garansi resmi (pabrik)!. Oleh karena itulah mengapa saya menyarankan untuk langsung membelinya pada outlet resmi. 

4. Periksa fisik handphone dan kotak kemasan
Untuk memastikan produk yang anda beli benar-benar asli, coba cek hologram baik yang terdapat pada kemasan ataupun body handphone (letaknya biasanya dibawah baterai). Bila setelah dicek ternyata hologram, tulisan pada kemasan atau buku petunjuk terlihat buram maka dapat dipastikan produk tersebut tidak original.

5. Cocokkan IMEI (International Mobile Equipment Identity)
Coba ketikkan *#06#, maka 15 digit nomor IMEI yang dimiliki handphone akan tertampil dilayar. Kemudian cocokkan dengan nomor IMEI yang tertera pada kotak kemasan apakah memang sama atau tidak. Bila ternyata tidak sama, lebih baik tinggalkan saja dan beli di tempat lain.

Apapun merk handpnone yang akan anda beli, pastikan produk tersebut baru dan original. Demikian sedikit tips saat membeli handphone dari saya...semoga bermanfaat.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 9:31 PM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.