Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

HUMMINGBIRD ALGORITMA TERBARU GOOGLE 2013

Setelah beberapa kali mengalami update akhirnya Google mengeluarkan Algoritma terbarunya di tahun 2013 ini dengan nama Hummingbird. Algoritma ini menjadi topik perbincangan hangat dikalangan pengelola website/blog dikarenakan pengaruhnya yang sangat signifikan pada kenaikan atau penurunan visitor. Mengapa demikian? penyebabnya adalah peluncuran Algoritma ini mengakibatkan perubahan yang sangat besar pada hasil pencarian, sebagai contoh : sebuah artikel yang awalnya menempati urutan pertama atau paling tidak halaman satu Google bisa terperosok ke halaman berikutnya, apesnya lagi artikel tersebut tidak terlihat bahkan sampai halaman 10 sekalipun :) kejam ndak tuh?

Sekilas tentang Algoritma

Sebagai pemula dalam dunia Blogger, menurut saya Algoritma dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem mesin pencari yang memiliki konfigurasi dengan kriteria-kriteria tertentu untuk menilai sebuah website, blog, situs, artikel termasuk juga optimasi on page atau off page yang dilakukan dimana outputnya dapat terlihat dalam pemeringkatan di mesin pencari dan bila dihubungkan dengan "Hunmingbird" maka tujuan peluncuran Algoritma ini adalah untuk menerjemahkan kata kunci atau queri panjang yang diketikkan pengguna Google. Pada beberapa sumber dijelaskan bahwa Hummingbird berusaha untuk mengenali maksud dari kata kunci panjang yang dimasukkan oleh manusia pada mesin pencari Google.

Untuk lebih jauhnya, coba rekan-rekan Blogger membandingkan sendiri artikel yang sebelumnya memiliki peringkat bagus di Google sebelum dan sesudah peluncuran Algoritma Hummingbird ini.

Bagaimana Menghadapi Algoritma Hummingbird ini ?

Sejak efektif berlaku pada pertengahan Agustus lalu, efek yang ditimbulkan Algoritma ini memang sangat terasa. Banyak situs-situs yang mengalami penurunan peringkat tetapi tidak sedikit juga yang peringkatnya malah menjadi lebih baik pada mesin pencari, dan semoga itu Blog atau website yang anda kelola.

Bagi sahabat yang kurang beruntung dengan peluncuran Algoritma ini, tetap saja fokus dengan selalu mengupdate artikel-artikel berkualitas, original dan benar-benar menghindari yang namanya copy-paste. Untuk kegiatan SEO-nya baik on page atau off page tetap dilakukan dengan sewajarnya.

Menurut saya yang newbie ini, setiap Algoritma pastilah memiliki pola-pola tertentu dalam pengaplikasiannya. Hal ini juga memberikan peluang kepada kita sebagai pengelola Blog/website untuk selalu belajar dan mengevaluasi diri sampai pada akhirnya bisa menemukan pola dan aturan main tersebut. Demikianlah pendapat saya mengenai Algoritma Huminggbird Google terbaru di tahun 2013 ini, semua ini adalah pendapat subjektif saya. Rekan-rekan sekalian tentunya memiliki pandangan yang berbeda dalam hal ini.
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca HUMMINGBIRD ALGORITMA TERBARU GOOGLE 2013. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "HUMMINGBIRD ALGORITMA TERBARU GOOGLE 2013"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top