24 January 2014

MENGHAPUS VIRUS FLASHDISK DENGAN AVG + SMADAV

Menghapus virus pada flashdisk bisa jadi adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan kesabaran ekstra karena biasanya hal ini akan memakan waktu yang cukup lama terlebih bila jumlah yang terdeteksi tersebut sangatlah banyak.

Beberapa hari yang lalu hal ini juga saya alami, penyebabnya karena flashdisk sempat digunakan pada komputer lain. Untungnya pada laptop pribadi saya telah terinstall dua antivirus yaitu AVG internet security 2014 dan Smadav versi terbaru rev 9.5.3 . Bagi anda yang belum memilikinya silahkan download langsung melalui web resminya.

Perpaduan kedua software inilah yang dapat memblokir dan menghapus berbagai ancaman yang terdeteksi dengan cepat. Mengenai cara kerjanya sahabat tidak perlu khawatir akan terjadi trouble keduanya secara bersamaan dapat berjalan dengan baik.

Berikut adalah urutan cara penghapusan menurut versi saya :
Flashdisk dicolokkan pada komputer ›› Smadav secara otomatis melakukan scaning ›› bila ditemukan virus maka peringatan AVG juga langsung keluar, biarkan saja peringatan ini terlebih dahulu sampai Smadav selesai melakukan scaning  dan anda diminta untuk melakukan scaning ulang ›› hapus semua virus yang terdeteksi dari proses scaning Smadav terakhir demikian pula dengan daftar file yang dikarantina ›› sekarang kembali lagi pada alert AVG diawal tadi dan pilih Tangani semua ancaman yang tidak dipulihkan ›› tunggu prosesnya sampai selesai.

Jadi singkatnya : Gunakanlah Smadav terlebih dahulu baru kemudian diikuti oleh AVG, jangan sampai terbalik...karena proses yang dibutuhkan akan menjadi sangat lama.

Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meminimalisir resiko :
1. Lakukanlah update rutin pada antivirus yang sudah terinstall pada komputer.
2. Jangan sembarangan menggunakan penyimpan data anda pada semua komputer yang berbeda karena belum tentu komputer tersebut aman.
3. Gunakan fitur Smad-lock untuk menyimpan seluruh file penting yang ada, untuk pembahasan lengkapnya telah saya ulas pada artikel terdahulu ›› BACA DISINI.
4. Buatlah back-up seluruh file anda untuk berjaga-jaga.
5. Lakukan scanning pada komputer secara berkala, misalnya setiap 1 minggu.

Demikianlah ulasan saya tentang cara menghapus berbagai jenis ancaman seperti worm, trojan, shortcut 1 Kb pada flashdisk. Jika ada sahabat yang ingin membagikan pengalaman yang berbeda, saya persilahkan untuk berkomentar.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 2:55 PM

2 comments:

  1. tips yang bermanfaat sob semoga jangan sampai deh fd saya kena hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, trima kasih atas kunjungannya.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.