08 February 2014

CARA MEMASUKKAN FILE KE WINRAR & MEMBERI PASSWORD

Sebagai pengguna komputer sahabat tentunya kenal dengan yang namanya "Winrar" ! yang merupakan folder khusus untuk menyimpan berbagai macam file pada satu lokasi atau dengan kata lainnya adalah sebagai pengarsip file. 

Contoh yang sangat familiar kita temukan adalah pada saat mendownload sebuah file di internet dimana uploadernya menggunakan tool ini untuk menyatukan berbagai file menjadi satu paket, sehingga proses download tidak dilakukan berulang-ulang cukup hanya satu kali saja.

Tentunya penjelasan diatas akan memunculkan sebuah pertanyaan, "apa bedanya Winrar ini dengan folder biasa pada komputer" ? jawabannya banyak...salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah kemampuan untuk memproteksi file dengan pengaturan password yang telah ditentukan oleh penggunanya tanpa software tambahan apapun sehingga privasi anda tetap terjaga.

Sekarang saya asumsikan tool ini sudah anda miliki, namun bagi yang belum silahkan Googling dulu dan install seperti biasa pada komputer, berikut ini adalah urutan langkah untuk menggunakannya :

Bukalah Windows Explorer.

Cari lokasi file yang akan dimasukkan pada Winrar misalnya di D atau E ›› Klik kanan mouse ›› sorot New ›› Pilih winRAR achive.

Muncul sebuh folder baru dan silahkan beri nama terlebih dahulu kemudian double klik untuk membukanya.

Bila notifikasi purchase lisence "Buy now" muncul, langsung saja pilih close.

Pada jendela Winrar pili Add ›› pada Select files to add carilah file-file yang ingin dimasukkan (bila jumlahnya banyak, blok semuanya dengan kombinasi Shift + tanda panah bawah) ›› Kemudian pilih OK.

Pada jendela Archive name and Parameters :

Cara menggunakan Winrar pada Windows

  • Klik tab Advanced ›› Set Password ›› Masukkan password anda ›› OK.
  • Pada tab Comment silahkan ketikkan komentar anda pada ›› Enter comment manualy, misalnya "Jangan sembarangan membuka folder ini tanpa seizin saya" ›› lalu pilih OK dan tunggu prosenya sampai selesai.
  • Untuk bagian lainnya biarkan saja default.
  • Selesai.
Untuk mencobanya silahkan keluar dari tool dan buka kembali.....lalu klik salah satu file yang ada di dalamnya, tentunya hasil dari seluruh proses di atas akan langsung terlihat. Demikian tutorial sederhana cara menggunakan Winrar, semoga dapat bermanfaat.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 1:20 PM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.