Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

KRITERIA UNTUK MEMBUAT ARTIKEL BERKUALITAS

Tak terasa kita sudah memasuki bulan kedua di tahun 2014 ini, semoga apa yang menjadi harapan dan keinginan pembaca dapat segera terwujud..amien. Berbicara tentang kriteria artikel yang disukai oleh pencari informasi di internet (dunia maya) sebenarnya bukanlah hal yang sulit, kenapa demikian ? jawabannya adalah tergantung sejauh mana kualitas konten tersebut, dan hal ini pastilah kita amini bersama.

Tidak peduli dengan topik apa yang akan dibahas oleh sebuah blog atau website, karena masing-masing topik yang diangkat tentunya punya konsumen tersendiri. Jadi apa yang coba kita bahas ini sifatnya umum dan bersifat fleksibel untuk diterapkan. 

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang membuat sebuah artikel berkualitas dan disukai pengguna internet :


1. Menyajikan informasi yang padat
Padat dapat berarti bahwa sebuah artikel dapat memberikan berbagai referensi dan pengetahuan baru yang fresh bagi pembacanya, membahas secara detail dan lengkap serta memiliki tingkat relevansi yang benar-benar akurat. Misalkan anda membuat review sebuah produk maka detailnya dapat berupa : tipe dan tahun pembuatan, harga yang ditawarkan, kelebihan yang dimiliki, kekurangannya, produk sejenis dan tingkat kepuasan konsumen yang riil.

2. Dapat memberikan solusi
Tidak usah mengambil contoh jauh-jauh, misalkan saja topik pembahasan mengenai sebuah tutorial Microsoft Word atau Excel. Sebagai penulis tentunya anda harus dituntut untuk benar-benar menguasai berbagai turorial yang tersebut. Dapat dipastikan kalau pencari informasi jenis ini biasanya membutuhkan solusi yang cepat karena mengalami sebuah kesulitan. Oleh karenanya sangat disayangkan bila anda hanya menulis saja tanpa pernah mencoba langsung, hal ini biasanya terjadi pada blog yang asal copy-paste.

3.  Dapat dipertanggung jawabkan
Pada poin ini sumber yang digunakan sebagai bahan/referensi benar-benar dapat untuk dibuktikan dan bukanlah rekayasa. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat kepercayaan pembaca pada tulisan anda, bila hal ini memang sudah diterapkan maka bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pembaca setia yang loyal dan selalu menunggu setiap update tulisan yang anda buat.

4. Mudah untuk difahami
Ini terkait dengan penggunaan tata kalimat yang baik dan selanjutnya enak dibaca oleh pengunjung, sebagai penulis memang saya akui hal ini bukanlah perkara mudah karena membutuhkan proses latihan yang terus-menerus. Singkatnya seluruh pesan yang ingin disampaikan penulis pada  sebuah artikel haruslah dapat tersampaikan dengan baik pada pembaca tanpa adanya penafsiran ganda.

5. Menggunakan ejaan baku
Walaupun tidak ada aturan yang mengharuskan seorang penulis untuk membuat tulisan dengan menggunakan kaidah ejaan baku, namun alangkah baiknya bila sebuah artikel tetap menggunakan standar ini sebagai patokan. Alasannya karena pengguna internet tidak hanya berasal dari dalam negeri kita saja, apa jadinya bila artikel yang banyak menggunakan istilah-istilah aneh tersebut ditranslate..hehe tentunya hasilnya akan menjadi hancur.

Demikianlah 5 poin penting yang menurut pandangan subjektif saya merupakan kriteria yang benar-benar harus dipenuhi oleh seorang penulis saat membuat sebuah artikel baik di blog ataupun website. Tulisan ini bukan bermaksud untuk menggurui pembaca akan tetapi murni merupakan sebuah pemikiran dari seorang newbie. Bila ada rekan-rekan yang ingin menambahkan ! saya persilahkan untuk berkomentar. 
Labels: INFORMASI

Terima kasih telah membaca KRITERIA UNTUK MEMBUAT ARTIKEL BERKUALITAS . Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "KRITERIA UNTUK MEMBUAT ARTIKEL BERKUALITAS "

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top