30 January 2014

MENGATASI PERMASALAHAN HTML BLOGGER

Tidak selamanya aktifitas blogging itu menyenangkan, kira-kira itulah ungkapan yang tepat disaat anda mengalami hal yang satu ini. Apakah itu? munculnya pemberitahuan duplikat konten pada penelusuran Googlebot yang terlihat pada Google Webmaster Tool.

Permasalahan ini memang terkesan klasik namun sangat kerap dialami pada para blogger tidak terkecuali saya. Untuk mengecek kondisi ini silahkan klik Tampilan penelusuran ›› Penyempurnaan HTML dan anda akan segera mengetahui apakah pada bagian ini kesehatan blog tidak mengalami masalah atau sebaliknya.

3 item yang paling sering muncul adalah :


Duplikasi deskripsi meta
Kondisi ini menunjukkan bahwa pada hasil penelusuran Google, beberapa Url blog anda ditemukan deskripsi yang sama walaupun dengan berbagai judul link yang berbeda, terlihat aneh memang? Sangat bisa dimengerti mengapa Google sangat tidak menyukai hal ini karena duplikasi ini akan merusak relevansi pencarian pada search engine.

Bila jumlahnya banyak, maka dapat dipastikan penyebabnya berasal dari penambahan meta deskripsi pada template blog. Kenapa demikian? karena kita tidak mengkondisikan penggunaan meta tersebut sehingga robot akan memberlakukan deskripsi yang sama baik pada home page ataupun halaman artikel.

Struktur meta deskripsi yang umumnya ditemukan dibawah <head> biasanya seperti ini :

<meta content='Blog yang membahas tentang...............'  name='description'/>

ubahlah strukturnya menjadi seperti ini :

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='Blog yang membahas tentang...............'  name='description'/>
</b:if>

Perubahan kode tersebut akan mejadikan meta deskripsi blog hanya akan terbaca khusus untuk halaman home page saja sedangkan untuk setiap artikel metode penambahan deskripsinya dapat dengan mudah anda optimasi sendiri melalui bawaan fitur baru bawaan Blogger yaitu dengan mengaktifkannya melalui : Dashboard ›› Setelan ›› Prefensi penelusuran ›› Aktifkan deskripsi penelusuran kemudian tulislah gambaran singkat blog anda ›› Simpan perubahan.

Pada kasus yang sama ternyata arsip blog yang terindeks juga dapat menjadi penyebab masalah ini, untuk mengatasinya anda dapat menambahkan kode berikut setelah </title> :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>

Deskripsi singkat meta
Setelah deskripsi penelusuran default telah diaktifkan maka setiap anda membuat sebuah posting pada sidebar sebelah kanan akan muncul sebuah menu dengan nama "Deskripsi penelusuran".  Dari analisa saya permasalahan kedua ini disebabkan penulisan deskripsi yang sangat pendek atau malah menyamai judul artikel. 

Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengedit kembali deskripsi penelusuran tersebut dan menambahkan kalimat yang tentunya benar-benar relevan dengan isi artikel.

Tag judul duplikat
Kalau yang satu ini, kasusnya sedikit berbeda dari dua item yang saya jelaskan sebelumnya. Penyebab utamanya adalah karena artikel anda pernah dibuka menggunakan versi mobile sehingga Googlepun memunculkan Urlnya pada hasil pencarian. Contohnya seperti ini :

http://melangkahdenganhati.blogspot.com/2013/03/tampilan-unik-google-yang-aneh-dan.html
http://melangkahdenganhati.blogspot.com/2013/03/tampilan-unik-google-yang-aneh-dan.html?m=0

terlihat bahwa kedua link tersebut bila diklik maka akan menuju halaman yang sama, link kedua adalah halaman versi mobile yang terindeks oleh google pada hasil penelusurannya.

Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengajukan penghapusan Url link dengan embel-embel m=0/1 tersebut pada Google Webmaster Tool. Caranya : Klik kanan link tersebut dan pilih copy ›› Google indeks ›› Hapus URL ›› Buat permintaan penghapusan baru ›› Pastekan Url pada kotak yang telah disediakan ›› Klik terus ›› Hapus laman dari hasil penelusuran dan cache ›› Klik kirim permintaan.

Bila permasalahan ini tidak segera ditangani bukan tidak mungkin kalau indeks blog anda akan berkurang dari waktu ke waktu. Dari pengalaman, setiap tindakan penanganan yang saya lakukan terhadap permasalahan penyempurnaan HTML ini tidak serta merta akan menghilangkan peringatan duplikat. Untuk dapat melihat efeknya, dibutuhkan crawl ulang seluruh blog oleh robot Google yang memang menuntut kesabaran.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 9:11 PM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.