Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MEMBUAT WIDGET ARTIKEL TERBARU FAST LOADING

Bila anda saat ini mencari sebuah widget fast loading yang dapat menampilkan daftar artikel terbaru yang ada pada blog anda maka tulisan ini mungkin dapat membantu.  Secara umum widget ini lebih dikenal dengan nama Recent post dan sudah sangat banyak dibahas oleh rekan Blogger lainnya. 

Hanya saja yang menjadi perbedaannya disini adalah widget yang nantinya terpasang sama sekali tidak membebani loading blog anda alias sangat ringan. Hanya saja untuk bisa memasangnya anda haruslah telah terdaftar dan login terlebih dahulu pada Feedburner Google.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Pada dashboard Feedburner kliklah judul feed title sesuai dengan nama yang anda daftarkan, misalnya untuk blog ini adalah Tips dan Trik.

Kliklah tab Publicize dan pilih BuzzBoost.

Selanjutnya kita tinggal melakukan beberapa setting diantaranya :
  • Number of items to display : Isikan dengan jumlah artikel yang akan ditampilkan, misalnya 5 buah namun anda juga dapat memilih All untuk menampilkan puluhan posting.
  • Open links in : Pilih New Window bila anda ingin artikel tersebut nantinya terbuka pada tab baru atau Same Window bila anda ingin artikel tersebut tetap terbuka pada halaman yang sama.
  • Display feed title (or provide your own) : Pilihan ini untuk menampilkan judul blog.
  • Display favicon : Pilihan untuk menampilkan icon blog.
  • Display item author name : Pilihan untuk menampilkan nama pengarang yang ada pada blog.
  • Display item content : Untuk menampilkan potongan posting.
  • Display item publication date : Menampilkan tanggal pembuatan artikel.
  • Show linked media from a podcast : Menampilkan suara atau display media yang terdapat di dalam posting misalkan video.
  • Display link to feed : Menunjukkan alamat feed blog anda pada widget.
Dari keseluruhan pilihan setting tersebut silahkan dicentang mana yang nantinya akan ditampilkan pada widget atau tidak.

Jika semuanya sudah ditentukan kliklah Save dan tunggu sampai Feedburner menyelesaikan pembuatan kode widget anda. 

Setelah proses loading selesai maka ditandai dengan keterangan This service is active dan scrool mouse ke bagian atas maka anda dapat melihat tulisan Your BuzzBoost Is Ready lalu copy code javascript yang terlihat pada kotak.

Untuk memasangnya pada Blogger : Masuk ke Tata letak ›› Tambahkan gadget ›› HTML/Java script ›› Pastekan kode yang tadi anda dapatkan pada Feedburner google.

Untuk mengubah konfigurasi widget yang sudah terpasang anda dapat mengulangi langkah tersebut dan menyimpan perunahan terakhir dengan menekan pilihan Save, sekarang anda telah memiliki sebuah widget Recent post namun tidak menambah berat loading blog, selamat mencoba !
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca CARA MEMBUAT WIDGET ARTIKEL TERBARU FAST LOADING. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MEMBUAT WIDGET ARTIKEL TERBARU FAST LOADING"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top