26 February 2014

SOLUSI SEDERHANA MENGATASI IP CONFLICT PADA WINDOWS 7

Pesan ip address conflict with another system on the network ini seketika muncul setelah beberapa waktu yang lalu saya menjalankan modem untuk dapat terkoneksi dengan internet. Kejadian ini memang sangatlah tidak mengenakkan dan untuk beberapa saat saya harus disibukkan untuk mencari sendiri solusi pemecahannya tentunya dengan cara yang super autodidak.

Oleh para teknisi jaringan, kondisi ip address conflict with another system on the network diartikan sebagai kondisi dimana terdapat adanya kesamanaan alamat ip (internet protocol) antara dua komputer pada satu jaringan yang sama. Sedangkan kondisi normalnya adalah ip address tersebut bersifat unik untuk setiap komputer baik menggunakan modem atau pada area Wi-Fi. Contohnya sebagai berikut :
  • Client A terkoneksi dengan ip = 10.237.150.225
  • Client B terkoneksi dengan ip = 10.237.150.226
  • Client C terkoneksi dengan ip = 10.237.150.227
  • Dan seterusnya.
Kembali lagi ke topik pembahasan, disini saya menggunakan sebuah notebook dengan sistem operasi Windows 7 home basic dan sebuah modem Option icon dengan drivernya GlobeTrotter Connect. Beberapa cara saya coba untuk mengatasi permasalahan ip address conflict ini adalah :

1. Coba disconnect modem dan restart komputer/laptop yang anda gunakan, colokkan kembali modem lalu connect kembali, namun bila cara pertama ini belum menyelesaikan masalah silahkan lanjut dengan cara kedua.

2. Klik parameter koneksi internet yang terlihat pada icon try pojok kanan bawah dekstop › pilih Open  Network and sharing center 

Cara mengatasi ip address conflict with another system on the network

Jendela baru akan terbuka dan pilih Change adapter settings 

Solusi untuk mengatasi ip address conflict with another system on the network

Semua adapter yang pernah digunakan komputer akan terlihat, lalu pilih koneksi modem yang memiliki keterangan GlobeTrotter Connect (ini hanya contoh pada notebook saya, silahkan disesuaikan dengan koneksi yang anda gunakan) › klik kanan dan pilih disable

Cara ampuh mengatasi ip address conflict with another system on the network

Sesaat modem tidak akan berfungsi › Klik kanan sekali lagi pada adapter tadi lalu pilih enable › Connect kembali modem.

Kedua langkah tersebut sebenarnya bertujuan agar komputer mendapatkan alamat ip baru yang berbeda dengan sebelumnya sehingga konflik antar jaringan tidak terjadi lagi, bagi anda yang suatu saat mengalami hal ini tidak ada salahnya untuk mencoba cara tersebut karena dari pengalaman saya permasalahan ip address conflict with another system on the network ini Alhamdulillah terselesaikan dan koneksi internet dapat berjalan normal kembali. Untuk solusi lainnya, mungkin saja ada sahabat lain yang ingin menambahkannya ?

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 12:21 AM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.