Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MEMBUAT PENGANTAR SURAT RAPI DI WORD

Bila diperhatikan dengan seksama setiap surat resmi yang berasal dari sebuah instansi pastilah memiliki pengantar di awal halamannya. Pengantar tersebut sekaligus untuk menunjukkan identitas surat seperti : penomoran, perihal, lampiran dan tujuan penerima.

Kesulitan yang sering dialami pembuat dokumen di word adalah cara membuat pengantar surat tersebut terlihat rapi dan mudah diatur. Sebenarnya hal tersebut bukanlah hal sulit, karena trik yang akan kita bahas ini nantinya akan sangat mudah untuk diaplikasikan.

Baiklah kita akan memulainya dengan langkah-langkah berikut :

  1. Bukalah sebuah lembaran kosong pada Microsoft Word.
  2. Pastikan kursor mouse berada pada awal halaman.
  3. Klik menu Insert kemudian pilih Table, pilih 5 kolom dan 3 baris atau disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Tulislah pengantar surat sesuai dengan format instansi atau perintah atasan anda, hehe...berikut ini contohnya :
Cara membuat pengantar surat rapi di Word

Sekarang sahabat tentunya sudah mengerti mengapa saya meminta untuk mengunakan fasilitas Table sampai 5 lajur. Terlihat bahwa tanda titik dua berada pada satu kolom tersendiri demikian juga dengan tulisan Yth. yang dapat anda blok lalu gunakan pilihan Align text right (Ctrl+R) agar menjadi lebih rapat dengan ketikan di kolom terakhir.
  
5. Agar garis-garis tersebut tidak tampak pada saat dokumen dicetak, bloklah keseluruhan kolom lalu klik tanda panah kecil pada sub menu all border kemudian pilihlah no border, prosesnya terlihat pada gambar berikut :

Cara membuat pengantar surat rapi di Word

Dengan cara ini sekarang pengantar surat yang kita buat di Word terlihat tanpa garis border (table), menjadi rapi dan siap untuk diprint. Trik yang sama juga dapat digunakan pada saat anda membuat nama penanda tangan dokumen pada sebuah surat, yang telah saya tulis pada artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat !
Labels: TIPS, WORD

Terima kasih telah membaca CARA MEMBUAT PENGANTAR SURAT RAPI DI WORD . Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MEMBUAT PENGANTAR SURAT RAPI DI WORD "

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top