Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MENGATASI PERINGATAN "THIS CONNECTION IS UNTRUSTED" MOZILLA FIREFOX

Teringat kemarin saat seorang rekan kerja bertanya kepada saya tentang browser Mozilla Firefox di laptopnya yang memunculkan peringatan "This connection is Unstrusted" saat mencoba untuk browsing. Saya hanya tersenyum saja menanggapinya, karena sebelumnya memang saya juga pernah mengalami hal yang sama. Penampakannya adalah seperti gambar berikut ini :

Cara cepat mengatasi peringatan "This connection is Unstrusted" Mozilla Firefox


Sebelum membahas cara untuk mengatasi peringatan "This connection is Unstrusted" ini kita coba membaca lagi detail dari peringatan ini yaitu :

you have asked firefox to connect securely to www.google.com, but we can't confirm that your connection is secure.
Normaly, when you try to connect securely, sites will present trusted identification to prove that you are going the right place. However, this site's identity can't be verified.

Bila diterjemahkan maka artinya adalah : 
Anda telah meminta firefox untuk terhubung dengan aman ke www.google.com (Home page default), tapi kami tidak dapat memastikan bahwa koneksi Anda aman.

Normalnya, ketika Anda mencoba untuk terhubung dengan aman, situs akan mengidentifikasi Web untuk membuktikan bahwa Anda akan tempat yang tepat. Namun, identitas situs ini tidak dapat diverifikasi.

Dengan kata lain bahwa browser Mozilla Firefox menganggap kita membuka sebuah halaman situs yang tidak terjamin keamanannya walaupun alamat yang dimasukkan sudah benar. Mengapa pesan ini dapat muncul? padahal sebelumnya tidak ada masalah apa-apa dengan si Mozilla.

Sahabat jangan bingung dulu atau menggap Firefox yang terinstall pada komputer telah mengalami crash, sama sekali bukan itu penyebabnya. Biang keroknya adalah "Setting tanggal dan jam yang berubah dan biasanya mundur ke belakang pada komputer" :), cara untuk mengatasinyapun cukup sederhana anda tinggal menyesuaikannya sendiri setting pada komputer dengan waktu yang real time. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Double klik penanggalan dan waktu yang terlihat pada pojok kanan bawah icon try.

2. Klik Change date and time settings.... seperti gambar berikut ini (Contoh ini pada Windows 7) :

Cara ampuh mengatasi peringatan "This connection is Unstrusted" Mozilla Firefox


3. Sesuaikan jam, bulan, tanggal dan tahun dengan yang sebenarnya saat ini (pada bagian yang ditandai pada kotak merah seperti gambar di atas).

4. Jika semuanya sudah tepat klik OK untuk keluar.

Sekarang coba buka kembali halaman apa saja pada Mozilla Firefox anda, Insya Allah semuanya akan berjalan normal kembali. Perubahan setting waktu pada komputer dapat disebabkan oleh batery cmos yang sudah minta untuk diganti karena sudah tidak akurat lagi  melakukan penyimpanan secara otomatis.

Demikian cara sederhana untuk mengatasi peringatan "This connection is Unstrusted" pada Mozilla Firefox dan dari pengalaman saya langkah ini selalu berhasil. Semoga bermanfaat juga bagi netter yang lain.
Labels: INFORMASI, INTERNET

Terima kasih telah membaca MENGATASI PERINGATAN "THIS CONNECTION IS UNTRUSTED" MOZILLA FIREFOX. Jika bermanfaat silahkan dishare

3 Comment for "MENGATASI PERINGATAN "THIS CONNECTION IS UNTRUSTED" MOZILLA FIREFOX"

Wah kirain notifikasi itu bahaya sob, ternyata hanya karena masalah timernya. Dulu pernah mengalami, sampai bingung.

Walidin @ Iya mas, itu cuma pemberitahuan Mozilla karena waktu komputer kita yang tidak tepat (mundur).

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top