Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MENUTUP KOMENTAR ARTIKEL TERTENTU BLOGGER

Sebenarnya saya kurang sependapat bila sebuah blog tidak mengizinkan pembacanya untuk berinteraksi melalui komentar, karena respon tersebut merupakan salah satu indikator untuk dapat mengukur sejauh mana sebuah tulisan dapat dimasukkan ke dalam kategori menarik atau sebaliknya. Baik bila dinilai dari bahasa penyampaian, isi ataupun informasinya yang benar-benar bermanfaat.

Terlebih lagi bagi blog yang mengusung tema tutorial, maka tentu saja menjadi sesuatu yang aneh bila pembacanya tidak dapat berkomentar untuk bertanya atau sekedar memberikan tanggapan pada artikel tersebut.

Akan tetapi pada kasus yang berbeda, dengan berbagai pertimbangan misalnya untuk "mengurangi" link keluar karena jumlah komentar yang sudah terlalu banyak maka menutup form komentar menjadi salah satu alternatif. 

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tentang cara menutup form komentar pada artikel tertentu saja pada blog yang berflatform Blogger, langsung saja langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pada dashboard Blogger ›› klik "Pos" dan pilih artikel yang tidak ingin dikomentari lagi oleh pembacanya.
2. Klik "Edit" sehingga kita akan masuk kembali pada editor pembuatan artikel seperti diawal membuat.
3. Klik logo gir kecil dengan keterangan "Pilihan" (letaknya di sidebar kanan paling bawah) seperti gambar berikut :

Cara menutup komentar pada blogspot


kita akan diberikan 2 pilihan yaitu :
a. Jangan bolehkan, tunjukkan yang ada = Pilihan ini akan menutup form komentar akan tetapi seluruh komentar pembaca sebelumnya akan tetap ditampilkan.
b. Jangan bolehkan, sembunyikan yang ada = Pilihan ini akan benar-benar menutup kometar pembaca dan tidak menampilkan satupun komentar yang sebelumnya terlanjur diterbitkan.
Mau pilih yang mana? itu semua tergantung anda sebagai pemilik blog.
4. Jika pilihan sudah ditentukan maka terakhir klik "Selesai" untuk menyimpan perubahan.
5. Kemudian klik "Tutup" pada tab atas untuk keluar dari editor Blogger.

Untuk melihat hasilnya, silahkan anda buka sendiri artikel yang telah diubah settingnya tadi. Seperti yang telah saya singgung di awal tadi ini merupakan pilihan terakhir karena sebenarnya anda dapat mengontrol penuh komentar-komentar yang masuk baik itu melalui pilihan moderasi ataupun verifikasi kata. Apalagi saat ini Blogger sudah memiliki filter anti spam yang otomatis.

Untuk pengaturan lengkap fitur komentar pada flatform Blogger, dapat sahabat temukan pada tulisan saya sebelumnya yaitu : CARA MENGATUR KOMENTAR DAN ELEMENNYA. Semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca CARA MENUTUP KOMENTAR ARTIKEL TERTENTU BLOGGER. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MENUTUP KOMENTAR ARTIKEL TERTENTU BLOGGER"

New comments are not allowed.
Back To Top