Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

TIPS CEPAT MENGUASAI MICROSOFT OFFICE

Postingan kali ini sama sekali tidak bermaksud untuk menggurui atau menyombongkan diri, akan tetapi sekedar berbagi pengalaman kepada teman-teman yang baru saja belajar untuk biasa menguasai Microsoft Office dengan cepat seperti : Ms. Word dan Excel, Power point, dll.

Beberapa tips yang dapat sahabat coba berdasarkan pengalaman saya mungkin juga dapat langsung untuk diterapkan :

1. Pengenalan dasar
Yang saya maksud dengan pengenalan dasar adalah anda dapat mempelajari kumpulan teori yang ada pada salah satu program Microsoft Office yang ingin dikuasai, hal ini mencakup berbagai teknis operasional di dalamnya, sebagai contoh bila diilustrasikan pada pembelajaran Microsoft Word maka dapat dimulai dengan : pengenalan shortcut saat membuka program, memahami berbagai menu yang terdapat pada tab dan item-itemnya, cara mengetik dengan cepat, cara mengatur jenis huruf atau mengubah ukurannya, mengatur margin kertas, cara membuat ketikan rata kiri-kanan, memilih jenis kertas dan sampai pada tahap akhir yaitu mencetak dokumen yang dibuat (print). Untuk tujuan ini maka saya menyarankan untuk membeli salah satu buku panduan lengkap yang membahas salah satu Ms. Office yang akan dipelajari atau anda juga dapat mencari referensi belajar melalui blog atau website yang khusus membahas masalah ini.

2. Praktik langsung 
Setelah berbagai teori dan panduan anda miliki, sekarang saatnya untuk mempraktikkannya secara langsung. Pada tahap ini anda dapat juga meminta seseorang yang dianggap menguasai apa yang anda pelajari sebagai pembimbing sehingga bila ada kesulitan yang ditemui maka semuanya akan cepat terpecahkan sehingga proses belajar tidak menjadi terhenti. Jangan ragu-ragu untuk bertanya, kritislah dalam hal ini.

3. Tanamkan rasa ingin tahu dan percaya diri yang kuat
Poin ini adalah hal utama yang harus kita miliki, saya rasa apapun yang akan kita pelajari akan membutuhkan proses yang lama bila kita tidak yakin akan kemampuan diri sendiri. Demikian juga dengan keingin tahuan yang besar, ini adalah sebuah proses dari tahap pembelajaran yang dilalui. Logika sederhananya mungkin pada teori yang didapat untuk memcetak sebuah dokumen pada Ms. Word adalah dengan cara mengklik office button kemudian memilih icon printer, tentunya rasa ingin tahu kita akan tertantang untuk bisa melakukan perintah tersebut dengan lebih cepat dan memang...hal tersebut dapat terjawab dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+P pada keyboard.

4. Jangan bosan untuk mengulang
Rasa bosan memang sifatnya manusiawi, akan tetapi untuk dapat menguasai salah satu program Microsoft Office silahkan buang jauh-jauh rasa tersebut. Tujuan pengulangan baik teori maupun praktik adalah sebagai pemantapan kemampuan dari apa yang telah kita peroleh selama ini. Karena yang namanya belajar memang sifatnya bertahap atau tidak instant.

5. Kembangkan sendiri kemampuan anda
Dari berbagai teori dan praktik yang anda lakukan tentunya pada tahapan ini anda sudah memiliki sebuah dasar yang kuat untuk menjadi mahir. Rajin berlatih dan terus berusaha untuk memahami detail dari sebuah program adalah cara mengembangkan kemampuan yang sangat efektif, jangan cepat puas dengan apa yang anda miliki sekarang karena sifat ilmu yang akan terus berkembang mengikuti waktu dan kebutuhan.

Saya rasa inilah poin-poin penting yang dapat menjadi tips cepat bagi anda yang ingin menguasai salah satu program dari Microsoft Office. Walaupun terkesan autodidak akan tetapi bila dijalakan dengan sungguh-sungguh hasilnya tidak akan kalah dengan rekan-rekan yang belajar melalui jalur kursus. 

Pada prinsipnya proses belajar tidak pernah mengenal kata berhenti, bila kita memiliki sebuah kemampuan alangkah senangnya untuk berbagi demikian pula bila kita tidak mampu melakukan sesuatu maka bertanya pada yang lebih tahu adalah solusinya. Akhir kata semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi para officer.
Labels: TIPS

Terima kasih telah membaca TIPS CEPAT MENGUASAI MICROSOFT OFFICE. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "TIPS CEPAT MENGUASAI MICROSOFT OFFICE"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top