Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

5 HAL PENTING DALAM MELAKUKAN EDITING TEMPLATE (HTML/JAVA SCRIPT)

edit, html/java script, template, blogspot, blogger





Dalam aktifitas ngeblog tentunya kita akan dihadapkan dengan kegiatan edit-mengedit template terutama pada bagian html/java scriptnya. Tujuan para blogger dalam melakukan pengeditan template khususnya html/java script pada blog, adalah untuk menambah berbagai macam fitur, fungsi (suatu perintah khusus) dan berbagai macam gadget yang akan ditambahkan pada halaman blog. Dalam pengalaman saya sebagai orang yang baru saja terjerumus :) (baca: masuk) ke dalam dunia blog ada beberapa point penting dalam pengeditan html/java script.yang harus kita perhatikan, yaitu :

1.    Membuat backup file cadangan
Backup template sangat dianjurkan sebelum kita melakukan pengeditan, hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan struktur template ke kondisi semula jika hasil pengeditan tersebut terjadi kegagalan.

2.    Mengetahui tujuan dari pengeditan
Inilah yang harus kita pertimbangkan sebelum melakukan pengeditan, pertimbangkan dulu fitur, fungsi atau gadget apa saja yang akan kita tambahkan atau kita kurangi. Sejauh mana pengaruh pengeditan tersebut terhadap blog. Kalau pada akhirnya hal itu akan mengurangi performa blog, lebih baik pertahankan saja template semula, yang penting fitur utama dan standar sudah kita miliki.

3.    Mencari referensi sebanyaknya
Cari sebanyak-banyaknya referensi (bahan) yang menjadi acuan pengeditan, karena semakin lengkap pembahasan yang kita dapatkan maka dasar dan arahannya cukup jelas. Browsing dan bandingkan berbagai referensi tersebut, ambillah yang terlengkap dari artikel yang original.

4.    Lakukan peninjauan sebelum menyimpan
Setelah penambahan atau pengurangan kode-kode html/java script, lakukan peninjauan terlebih dahulu untuk mengetahui perubahan yang kita buat. Jangan terburu-buru untuk menyimpan perubahan sebelum melakukan peninjauan karena jika hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, pengeditan dapat dibatalkan.

5.    Buatlah catatan kecil tentang pengeditan
Catat perubahan apa saja yang telah kita lakukan, termasuk kode-kode html/java script dan sumbernya. hal ini sangat dibutuhkan jika dikemudian hari ternyata kita akan menghilangkan fitur, fungsi dan gadget yang telah kita tambahkan ke dalam template blog.

Tulisan singkat ini sama sekali bukan bertujuan untuk menggurui sobat blogger pemula apalagi para master atau pendekar blogger :). Karena semuanya tergantung juga dari pengalaman kita masing-masing dalam mengedit template. Semoga artikel saya ini ada manfaatnya untuk kemajuan kita bersama. Salam blogger…
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca 5 HAL PENTING DALAM MELAKUKAN EDITING TEMPLATE (HTML/JAVA SCRIPT). Jika bermanfaat silahkan dishare

2 Comment for "5 HAL PENTING DALAM MELAKUKAN EDITING TEMPLATE (HTML/JAVA SCRIPT)"

yups saya stuju bgt dengan sobat, point2 tu mank penting tuk di jalankan buat jaga2 kw seumpama hasil edit tamplate g sesui dengan apa yang kita harapkan sob :)

heppy blogging ya...

Ya,sob...sama-sama :)

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top