Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MEMBEDAKAN ANTARA ISTILAH LAPTOP, NOTEBOOK DAN NETBOOK

Membedakan antara istilah Laptop, Notebook dan Netbook

Istilah Laptop, Notebook atau Netbook saat ini sangat akrab kita dengar hal ini karena penggunaannya yang sangat luas di masyarakat. Namun pernahkah kita lebih meneliti bahwa istilah-istilah tersebut sebenarnya dapat dibedakan menurut kriterianya masing-masing.

Cikal bakal komputer portable, yang pada akhirnya nanti disebut sebagai Laptop diawali sejak perkembangan awalnya di Tahun 1970-an dan terus-menerus mengalami beberapa tahap penyempurnaan, sampai pada akhirnya di Tahun 1984 Apple memperkenalkan Apple model IIc. Apple IIc adalah sebuah laptop  seukuran komputer tetapi tidak dapat disebut sebagai Laptop yang sempurna dengan memory 128 Kb, floppy drive 5.25 inch internal, micro processor, port mouse, modem card dan dapat dilipat. Sejak itulah perkembangan Laptop sebagai komputer portable yang menggabungkan panel keyboard dan LCD terus disempurnakan hingga saat ini.

Kembali ke topik awal, Laptop didefinisikan sebagai sebuah komputer yang memiliki fungsi pokok sama dengan PC (personal komputer) dengan berbagai fitur yang tertanam di dalamnya dimana kelebihannya adalah mudah untuk dibawa kemana-mana (mobile). Jadi baik Notebook ataupun Netbook termasuk ke dalam kategori ini.

Jadi, apa yang membedakan antara Notebook dan Netbook. Perbedaanya adalah terletak pada spesifikasinya baik itu harga, dimensi, memory, daya tahan battery dan processor yang digunakan. Khusus untuk Netbook diperuntukkan untuk kita yang bekerja ringan karena fiturnya yang terbatas seperti kemampuan : browsing internet, mengetik, mengolah data, mendengar musik, dan bermain game ringan. Sedangkan bagi kita yang menginginkan fitur yang lebih lengkap dan kinerja yang maksimal maka Notebook adalah jawabannya.

Spesifikasi Netbook adalah sebagai berikut :
  • Harganya berkisar antara 2 - 3,5 juta rupiah
  • Dimensi layar 10’1 - 11’6 inch 
  • Kapasitas hard disk 250 - 320 GB
  • Processor yang digunakan masih sekelas Intel atom seperti N435 dan N570
  • Daya tahan battery sekitar 4-8 Jam, lebih lama dari notebook karena fitur yang dimiliki lebih sedikit menguras sumber daya battery
  • Tidak dilengkapi pemutar DVD/RW

Sedangkan untuk Notebook :
  • Harga diatas 3,5 juta
  • Dimensi layar 13’3 inch ke atas
  • Kapasitas hard disk 320 – 640 GB
  • Processor yang digunakan mulai dari intel dual core, core2 duo, i3, i5 sampai dengan i7
  • Dilengkapi dengan DVD/RW

Semoga tulisan singkat ini bisa membantu kita dalam membedakan antara istilah Laptop, Netbook dan Notebook.
Labels: INFORMASI

Terima kasih telah membaca MEMBEDAKAN ANTARA ISTILAH LAPTOP, NOTEBOOK DAN NETBOOK. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "MEMBEDAKAN ANTARA ISTILAH LAPTOP, NOTEBOOK DAN NETBOOK"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top