Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MENGETAHUI INDEKS GOOGLE PADA ARTIKEL (POSTING) BARU

Merupakan harapan setiap blogger agar artikel yang baru saja diposting akan langsung terindeks oleh Google. Karena 80 % pengunjung sebuah blog berasal dari mesin pencari terutama Google. Bagaimanakah cara mengetahuinya ? kalau diperhatikan secara seksama pada menu blogger terdapat tanda-tanda yang menunjukkan indeks tersebut. 

Tips ini memang lebih saya khususkan bagi pengguna blogger. Setiap selesai mempublikasikan sebuah artikel, masih di dalam akun blogger coba anda pilih menu Statistik >> kemudian ikhtisar. Nah disini terdapat beberapa item yang dapat menunjukkan crawl dan indeks Google pada artikel yang baru saja kita posting tersebut. Dua elemen ini adalah :

1. Pos (Entri)

2. Pemirsa

Setelah selesai memposting artikel coba refresh/segarkan statistik pada ikhtisar, bila artikel sukses terindeks maka pada elemen Pos akan terlihat judul artikel tersebut dan jumlah penayangan. Untuk menambah keyakinan anda, coba perhatikan elemen Pemirsa. Crawl Google akan ditunjukkan oleh peta negara USA yang berwarna hijau, seperti terlihat pada gambar berikut ini :

Cara cepat mengetahui artikel terindeks Google
Nah, langkah selanjutnya adalah dengan langsung menggunakan Google search. Ketikkan kata kunci yang kira-kira mewakili posting anda tersebut, bersyukurlah jika artikel tersebut langsung muncul pada halaman pertama. Namun jika tidak, bisa jadi artikel tersebut telah terindeks tetapi tidak masuk pada halaman pertama. Untuk memastikannya, coba copy Url posting tersebut dan pastekan langsung pada pencarian Google. 

Cepat atau tidaknya indeks Google, memang dipengaruhi banyak faktor, diantaranya :
1. SEO
2. Blog telah terdaftar pada Webmaster (Google dan Bing)
3. Tingkat keaslian (original) artikel
4. Backlink yang berkualitas
5. Umur sebuah blog dan jumlah artikel yang dimiliki
6. Rutinitas update (posting)
7. dll

Bila semua faktor tersebut sudah terpenuhi, akan tetapi artikel anda masih juga lama terindeks Google, coba lakukan ping, toolnya banyak bertebaran di internet silahkan dicari sendiri. Sekian dulu posting kali ini kurang-lebihnya saya mohon maaf.
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca CARA MENGETAHUI INDEKS GOOGLE PADA ARTIKEL (POSTING) BARU. Jika bermanfaat silahkan dishare

2 Comment for "CARA MENGETAHUI INDEKS GOOGLE PADA ARTIKEL (POSTING) BARU"

arti dari pemirsa itu apa ya sob? makasih

Indikator pemirsa pada statistik menunjukkan jumlah pengunjung riil yg datang ke Blog beserta asal negara pengunjung tersebut.

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top