Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

PERBEDAAN TAMPILAN BARU PADA EDIT HTML TEMPLATE BLOGGER

Bagi sahabat Blogger yang sering mengubah tampilan blognya melalui fitur edit template HTML tampaknya sekarang (mulai tanggal 10 April 2013) harus terbiasa dengan tampilan baru fitur ini, karena perbedaanya lumayan banyak bila dibandingkan dengan tampilan lama. Apa saja perbedaan tersebut ?

1. Yang paling terlihat nyata adalah, hilangnya pilihan Expand Widget Templates (pilihan untuk menampilkan seluruh kode CSS dan elemen pada sebuah widget). Namun kita tetap dapat menampilkannya dengan meng-klik  tanda ► di sebelah kanan angka dari baris HTML.
Cara edit template HTML di tampilan baru Blogger
2. Pada tampilan lama, untuk mencari elemen tertentu pada HTML kita dapat menggunakan fasilitas pencarian dengan menekan kombinasi keyboard Ctrl+F dimana kotak pencarian tersebut akan terlihat di pojok bawah kiri layar komputer namun berbeda halnya dengan tampilan baru ini, pencarian valid melaui fasilitas Ctrl+F hanya berlaku bila sebelumnya pointer mouse telah berada di dalam kotak area edit HTML. Perubahan yang sangat terasa adalah setiap pencarian kode membutuhkan loading dan ini tergantung dari kecepatan koneksi internet kita masing-masing.

3. Setiap baris ditandai dengan angka, dengan penandaan ini tentunya akan lebih memudahkan kita saat mencari kode HTML terutama bila pengeditan dilakukan secara berulang.

4. Kode HTML dibedakan menjadi beberapa warna, fitur ini juga sengaja dibuat sebagai penanda agar kita lebih cepat mencari elemen-elemen tertentu berdasarkan penggolongan warna tersebut. Misalnya id widget ditandai dengan warna biru, sedangkan label kode java script diwakili oleh warna merah tua.

5. Pada tampilan lama saat kita melakukan pratinjau template, maka browser otomatis akan membukanya pada halaman yang berbeda. Di tampilan baru ini, pratinjau setelah melakukan pengeditan akan tetap terbuka di halaman yang sama.

6. Adanya fitur tambahan Lompat ke widget yang berfungsi untuk memudahkan pencarian dalam mengedit widget-widget tertentu pada halaman blog. Silahkan klik tanda panah kecil pada tulisan tersebut maka seluruh daftar widget akan ditampilkan.

Tips : 
  • Selalu buat cadangan template (back-up) sebelum melakukan pengeditan.
  • Lakukan pratinjau template sebelum menyimpan, jika masih terdapat keraguan lebih baik gunakan pilihan "kembalikan perubahan".
  • Untuk kemudahan pengeditan yang berulang-ulang, tandai baris HTML (lihat angka-nya)
Untuk fitur lainnya, pada umumnya sama dengan tampilan lama. Demikianlah beberapa perbedaan tampilan baru edit template HTML Blogger bila dibandingkan dengan tampilan yang lama, bila ada sahabat yang ingin menambahkan, saya persilahkan melalui kolom komentar.
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca PERBEDAAN TAMPILAN BARU PADA EDIT HTML TEMPLATE BLOGGER . Jika bermanfaat silahkan dishare

2 Comment for "PERBEDAAN TAMPILAN BARU PADA EDIT HTML TEMPLATE BLOGGER "

iya nih gan, aku juga bingung, misalnya waktu aku mau tambahin kode html, itu kan biasanya kalau pakai ctrl+F kan langsung bisa, tapi ini kala nggak berada di halamannya enggak bisa.

mohon kunjungan baliknya jugaaaaa

Herdina >> Sebelum menggunakan Ctrl+F, pastikan dulu kalau pointer mouse (dengan cara meng-klik)sudah berada di halaman edit HTML. Iya ne sob..menuju TKP !

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top