Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

BLOGGING : ANTARA KESENANGAN DAN TUNTUTAN

Teringat setahun yang lalu saat saya mulai tertarik pada dunia Blogging, awalnya sebenarnya hanya ingin bereksperimen saja karena dari hasil Gooling hampir sebagian besar mengatakan kalau membuat blog itu mudah, bahkan hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Hehe...hal tersebut memang benar adanya terutama bagi rekan-rekan yang ingin mencobanya menggunakan fasilitas Blogger alias Blogspot.

Bila semuanya diawali dengan Hobby atau kesenangan, saya percaya apapun itu pasti akan menghasilkan (tidak semua berupa materi). Termasuk juga dengan aktifitas Blogging, yang telah banyak melahirkan orang-orang sukses melalui monetisasi blog yang dikelolanya. Namun semua itu bukanlah semudah membalik telapak tangan namun tidak juga sesulit yang sebelumnya ada dibenak kita.

Bagi sahabat yang memang tertarik pada dunia Blogging, saya sarankan sebelum membuat blog, untuk memikirkan/menentukan tema apa yang nantinya akan dibahas. Bukannya apa-apa, kesulitan utama sebenarnya terletak pada masalah ini. Blog yang baik adalah blog yang selalu update dengan artikel-artikel terbarunya. Ada beban mental tersendiri bila kita jarang melakukan update apalagi bila blog tersebut telah memiliki visitor tetap, karena tentunya pengunjung yang loyal pada blog anda akan selalu menantikan tulisan-tulisan terbaru yang anda buat, inilah yang saya maksudkan dengan tuntutan.

Oleh karena itu penguasaan pada topik atau tema menjadi hal yang utama terlebih lagi pada blog yang mengusung tema "Tutorial" karena sifatnya spesifik mengupas sebuah trik atau cara-cara tertentu. Point plus akan anda dapatkan dari pemaparan tulisan yang simple, mudah dimengerti dan informatif. Terlebih lagi bila interaksi antara anda dan pengunjung terjalin dengan baik dengan menjawab atau merespons setiap pertanyaan yang diajukan dengan segera. Untuk blog yang bertemakan berita, maka tuntutan frekuensi updatenya akan jauh lebih tinggi lagi.

Semua ini saya maksudkan agar jangan sampai blog yang telah susah--payah kita buat hanya terbengkalai begitu saja dikarenakan kita bingung akan "membahas apa". Rajin-rajinlah blogwalking untuk memperkaya referensi dan ilmu bloging kita. Syukur-syukur kalau nantinya kita mendapatkan ide menulis dari aktifitas tersebut. Semoga kesenangan kita dalam aktifitas blogging dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Salam sukses !...
Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca BLOGGING : ANTARA KESENANGAN DAN TUNTUTAN . Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "BLOGGING : ANTARA KESENANGAN DAN TUNTUTAN "

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top