Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MENGUBAH PASSWORD GMAIL DENGAN MUDAH DAN CEPAT

Pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi sedikit tentang cara mengubah password atau kata sandi email khususnya bagi pengguna gmail. Hal ini menjadi sangat penting mengingat akhir-akhir ini banyak akun yang telah berpindah tangan (baca : dihack) oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentunya kita semua tidak menginginkan hal tersebut bukan?semoga tips yang saya tuliskan ini dapat dengan mudah dan cepat untuk diaplikasikan.

Arti penting sebuah email

Email atau electronic mail adalah sebuah akun induk dari segala aktifitas yang dilakukan di internet. Untuk bisa menggunakan Facebook, Twitter, transaksi online dan kegiatan lainnya tentunya mengharuskan anda untuk memiliki sebuah email. Bila password email ini sampai bisa dibobol oleh orang yang tidak berhak, maka dapat dipastikan semua akun lain yang berkaitan dengannya juga akan ikut berpindah tangan karena pemulihan sandi berbagai layanan tersebut dapat dengan mudah dilakukan pada email anda.

Sekilas tentang sistem keamanan gmail

Sebenarnya Google sebagai pengelola sah gmail telah menerapkan sistem keamanan yang cukup ketat untuk menjaga kerahasiaan dan privasi penggunanya. Sebagai ilustrasi, bila kita salah memasukkan sandi pada saat login maka gmail akan memberikan pilihan untuk pemulihan, seperti memasukkan 2 pertanyaan keamanan, verifikasi melalui SMS ataupun melalui email yang dikaitkan pada saat awal anda membuat akun. Karena itulah tidak berlebihan kalau saya menilai sistem keamanan gmail sangatlah baik dan berlapis. 

Mengapa harus menggubah password ?

Alasan utama dari pertanyaan tersebut adalah untuk lebih memperkuat sistem yang telah ada. Semakin rumit sebuah password maka kecil kemungkinan untuk bisa terbobol, hal ini juga sesuai dengan anjuran pihak Google yang menyarankan kita untuk mengubah password secara berkala, misalkan setiap 1 bulan sekali.

Langkah mengubah password gmail

Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini Google memiliki berbagai fasilitas yang dapat diakses melalui sebuah akun gmail yang anda miliki. Jadi bila anda telah berhasil login pada sebuah layanan (misalkan Blogger), pengubahan ini tetap dapat dengan mudah dilakukan, berikut tahapannya :

1. Kunjungi alamat berikut ini https://www.google.com/settings/security .

2. Setelah halaman tersebut terbuka sempurna, klik tulisan Ubah sandi yang letakknya di bagian kiri atas halaman.

3. Sekarang saatnya untuk mengubah password gmail anda, perhatikan juga gambar berikut :
  • Cara mengubah password gmailPada kotak pertama : isikan dengan kata sandi anda saat ini
  • Pada kolom kedua : masukkan kata sandi yang baru yang terdiri dari paling sedikit 8 karakter
  • Pada kolom ketiga : ulangi kata sandi baru tersebut
  • Terakhir klik ubah sandi

Disaat pengisian sandi baru tersebut, anda juga dapat melihat sebuah notifikasi yang memperlihatkan tingkat kerumitan kata sandi. Gunakan kombinasi angka, huruf dan symbol untuk membuatnya. Jangan menggunakan sandi yang telah anda gunakan pada akun lain, semakin unik maka itu lebih baik. Agar lebih jelasnya silahkan anda membaca kembali artikel saya sebelumnya yang mengulas ini :  Tips membuat password email yang kuat dan menjaga keamanannya.

Bila pengubahan kata sandi berhasil, sebuah pemberitahuan ke handphone akan masuk melalui pesan singkat dari pihak gmail (ini berlaku bagi anda yang memanfaatkan opsi SMS untuk pemulihan akun) dan otomatis anda diharuskan untuk login ulang. Demikian ulasan singkat saya, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila masih banyak kekurangannya.
Labels: EMAIL, INFORMASI

Terima kasih telah membaca CARA MENGUBAH PASSWORD GMAIL DENGAN MUDAH DAN CEPAT. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MENGUBAH PASSWORD GMAIL DENGAN MUDAH DAN CEPAT"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top