18 April 2013

TIPS MEMBUAT PASSWORD EMAIL YANG KUAT DAN MENJAGA KEAMANANNYA

Saat membuat sebuah email anda diharuskan untuk memasukkan password (kata kunci) yang nantinya digunakan untuk login setelah email tersebut jadi. Agar email aman dari pembobolan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab maka passwordnya haruslah kuat : unik, mudah diingat namun sangat sulit ditebak orang lain.
Saya lebih menitik beratkan email, karena akun ini adalah merupakan akun induk dari semua layanan internet yang kita gunakan misalkan saja : Facebook, Twitter, Google plus dan lainnya dimana setiap mendaftar pada layanan tersebut akan selalu meminta email yang kita miliki.

Beberapa tips yang dapat kita gunakan untuk membuat password email yang kuat dan menjaga keamanannya adalah :

1. Jangan gunakan kata/istilah umum
Contoh password dengani istilah umum ini adalah : emailku, emailsaya, akunsaya dsb. Hindari penggunaan password semacam ini, karena sangat mudah untuk ditebak.

2. Jangan gunakan data pribadi sebagai password
Hindari penggunaan data pribadi semisal tanggal lahir, nomor telpon, hobby dan sebagainya karena sifatnya sangat riskan untuk dibobol, kenapa demikian? karena disadari atau tidak banyak orang yang mengetahui akan data diri anda ini.
3. Gunakanlah perpaduan karakter huruf, simbol dan angka
Misalkan saja passwordnya : bukanemailbiasa >> dengan tips ini diubah menjadi buk4n3ma1l31454 atau buk4n3ma1l-31454, silahkan kreasikan menurut cara anda masing-masing. Perhatikan juga indikator kuat/lemahnya password pada langkah pembuatan email.

4. Gunakan kata-kata yang panjang
Poin ini juga dapat digunakan sebagai salah satu tips karena kemungkinan untuk ditebak oleh orang atau software pembobol sangat kecil, apalagi bila kata-kata tersebut sifatnya unik. Misalkan : menggunakan istilah/bahasa daerah.

5. Masukkan jawaban acak saat membuat pertanyaan keamanan
Pertanyaan keamanan adalah salah satu fitur yang dimiliki email baik itu Yahoo, Gmail ataupun layanan lainnya untuk mereset/mengubah password email jika kita lupa password sebelumnya. Hati-hati dengan fitur ini karena orang iseng dapat saja membajak email anda setelah berhasil membobol 2 pertanyaan keamanan nya . Contoh umumnya adalah :
a. Dimanakah anda dilahirkan?
b. Apa nama  hewan kesayangan anda?
Tipsnya adalah, silahkan isi pertanyaan keamanan tersebut dengan jawaban yang sama sekali berbeda dari pertanyaannya :) . Dengan kata lainnya jawabannya jangan diisi dengan jujur, bohong dalam hal ini diperbolehkan koq. Hehe..

6. Hapus saja email yang meminta anda untuk me-recovery password
Jangan pernah merespon email masuk yang meminta anda untuk merecovery password walaupun mengatasnamakan layanan pembuat email tersebut karena bisa dipastikan ini adalah perbuatan seseorang yang ingin membobol email anda, hapus saja email tersebut.

7. Simpan password dan jawaban pertanyaan keamanan ditempat yang aman
Karena sifatnya sangat rahasia, simpanlah password dan jawaban pertanyaan keamanan ditempat pribadi karena sewaktu-waktu anda pasti membutuhkannya. Jangan pernah memberi tahu password anda kepada siapapun baik dalam aktifitas internet atau dalam dunia nyata.

8. Hapus Historis dan cookies browser yanga anda gunakan
Entah itu komputer yang digunakan adalah komputer pribadi terlebih lagi di warnet, jangan lupa menghapus Historis dan cookies browser yang digunakan untuk membuka email. Karena walaupun itu komputer pribadi, tidak menutup kemungkinan seaktu-waktu bisa digunakan oleh orang lain.

Semoga dengan tips tersebut akun email anda akan aman dari orang-orang yang memiliki niat tidak baik. Dan mengurangi kasus pembobolan akun yang akhir-akhir ini sangat marak, akhir kata saya hanya bisa mengatakan "password-mu adalah harta berharga bagimu" :)

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 12:08 AM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.