Bila sebelumnya saya telah membuat artikel tentang cara membuat kop surat di Ms.Word, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuatnya di Excel 2007 dan nantinya kop surat tersebut dapat digunakan pada semua halaman Excel.
Letak kesulitan untuk membuat kop surat di Excel ini adalah pada pembuatan garis bawah border kopnya, sangat berbeda dengan saat membuat di Ms. Word. Akan tetapi semua itu pasti ada solusinya, semasih kita mau untuk mencari jalan keluarnya :). Langsung saja ke topik utama, sahabat dapat mengikuti langkah berikut ini :
1. Buka terlebih dahulu kop surat yang anda buat di Ms. Word, setelah itu tekan Prt Sc-SysRq pada keyboard untuk mengambil/mengcopy langsung.
2. Buka Ms. Office picture manager, kemudian tekan kombinasi Ctrl + V sehingga gambar kop surat yang tadi tercopy akan ter-paste pada tool ini.
3. Masih dalam Ms. Office picture manager, gunakan fasilitas crop (potong) untuk memotong bagian yang tidak dibutuhkan pada gambar, karena disini kita hanya akan mengambil persis bagian kop suratnya saja lalu beri nama file tersebut agar memudahkan kita untuk memasukkan pada Excel. Sahabat juga dapat membaca tulisan saya tentang cara mengedit gambar dengan tool ini. Untuk lebih memperjelas maksud saya, screen shootnya adalah sebagai berikut :
Letak kesulitan untuk membuat kop surat di Excel ini adalah pada pembuatan garis bawah border kopnya, sangat berbeda dengan saat membuat di Ms. Word. Akan tetapi semua itu pasti ada solusinya, semasih kita mau untuk mencari jalan keluarnya :). Langsung saja ke topik utama, sahabat dapat mengikuti langkah berikut ini :
1. Buka terlebih dahulu kop surat yang anda buat di Ms. Word, setelah itu tekan Prt Sc-SysRq pada keyboard untuk mengambil/mengcopy langsung.
2. Buka Ms. Office picture manager, kemudian tekan kombinasi Ctrl + V sehingga gambar kop surat yang tadi tercopy akan ter-paste pada tool ini.
3. Masih dalam Ms. Office picture manager, gunakan fasilitas crop (potong) untuk memotong bagian yang tidak dibutuhkan pada gambar, karena disini kita hanya akan mengambil persis bagian kop suratnya saja lalu beri nama file tersebut agar memudahkan kita untuk memasukkan pada Excel. Sahabat juga dapat membaca tulisan saya tentang cara mengedit gambar dengan tool ini. Untuk lebih memperjelas maksud saya, screen shootnya adalah sebagai berikut :
4. Setelah gambar selesai diedit, bukalah Ms. Excel anda > pilih tab Insert > pilih Header & Footer .
5. Setelah kotak Header terbuka, pilih picture (pilihan ini terdapat pada tab Design) > kemudian masukkan gambar kop surat yang telah kita buat pada langkah 3, masih ingat nama filenya kan? he...
6. Atur tinggi header dengan top margin yang terletak di bilah samping sebelah kiri, untuk hasilnya adalah sebagai berikut.
5. Setelah kotak Header terbuka, pilih picture (pilihan ini terdapat pada tab Design) > kemudian masukkan gambar kop surat yang telah kita buat pada langkah 3, masih ingat nama filenya kan? he...
6. Atur tinggi header dengan top margin yang terletak di bilah samping sebelah kiri, untuk hasilnya adalah sebagai berikut.
Nah, itulah trik saya untuk cara membuat kop surat di semua halaman Excel. Sekarang tinggal dicetak aja tuh, semoga dapat bermanfaat...
3 Comment for "CARA MEMBUAT KOP SURAT DI SEMUA HALAMAN EXCEL"
makasih ijin praktek sob
Cara terbaru >> Silahkan sob, semoga bermanfaat..
Terima kasih, setelah pusing cari sana sini, akhirnya mantap...
Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.