Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MENGGUNAKAN WORDART DI MS. WORD

Tema artikel kali ini bertujuan untuk lebih memahami tentang cara penggunaan fungsi Wordart pada Ms. Word. Bagi sahabat yang sedang membuat desain huruf atau kata maka tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini. Dengan berbagai fasilitas didalamnya anda akan diberikan kemudahan untuk mengubah sebuah teks biasa menjadi berbagai pola (melingkar, diagonal, lurus dan lainnya) demikian pula dengan pilihan warna dan shadow sehingga terlihat lebih hidup (3 D). Intinya dengan menggunakan fungsi ini akan memberikan kebebasan pada anda untuk lebih berkreatifitas.

Berikut ini adalah langkah untuk mencoba memakai wordart pada Ms. Word :



  • Buka program seperti biasa.
  • Klik tab Insert > kemudian klik sub menu Wordart, untuk lebih jelas lagi silahkan perhatikan gambar berikut : 

Cara menggunakan Wordart pada Ms. Word

  • Banyak pilihan yang ditawarkan pada gallery ini, silahkan dipilih salah satu.
  • Kemudian akan muncul sebuah kotak lalu ketikkan teks anda, dan pilih OK.
  • Setelah langkah ini, maka tab format tool akan secara otomatis terbuka dengan berbagai pilihan untuk mengubah kalimat yang baru saja kita buat. Nanti fungsinya akan saya jelaskan satu persatu.
  • Misalkan saya mengetikkan kata "Newbie" pada kotak teks maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Cara menggunakan Wordart pada Ms. Word

Untuk mengubah ukuran kata, sahabat dapat menggunakan mouse untuk memperlebar/memperkecilnya dengan cara menarik titik-titik batasan yang terlihat seperti gambar di atas. Sekarang saya akan coba sedikit berkreasi dengan memanfaatkan beberapa pilihan pengubahan yang terdapat pada menu format.

Cara menggunakan Wordart pada Ms. Word

  1. Shape Fill : berfungsi untuk mengubah warna huruf, misalkan saja saya memilih warna Orange. Di sini juga anda ditawarkan pilihan Gradient dan Texture untuk mejadikan huruf terlihat atraktif.
  2. Shape Outline : Digunakan untuk mengubah batasan luar dari masing-masing bentuk huruf, misalkan saya memilih warna biru
  3. Change Shape : Untuk mengubah gaya huruf menjadi berbagai bentuk bisa oval, melingkar ataupun lurus. Saya memilih salah satu bentuk oval saja.
  4. Shadow Effects : Pilihan untuk memberikan efek bayangan pada kata-kata, silahkan anda pilih sesuai dengan keinginan.
  5. 3-D Effects : Merupakan kumpulan efek tiga dimensi yang dapat dipilih agar bentuk huruf terlihat lebih atraktif, anda juga bebas untuk mengatur tingkat kecerahan, warna bayangan dan pola tampilan dimensi lainnya.
Dari hasil percobaan sesuai dengan berbagai pilihan tersebut, maka akan terlihat sebagi berikut : 

Cara menggunakan Wordart pada Ms. Word

Bagaimana, apakah sahabat tertarik? hehe, untuk lebih memahami berbai tips pada pengolahan seni huruf dengan Ms. Word ini jalan satu-satunya adalah dengan mempraktekkannya secara langsung. Selamat berkreasi.....
Labels: TIPS, WORD

Terima kasih telah membaca CARA MENGGUNAKAN WORDART DI MS. WORD . Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MENGGUNAKAN WORDART DI MS. WORD "

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top