Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

TIPS MEMBERSIHKAN LAYAR LAPTOP YANG BAIK/BENAR

Mungkin kalau mau jujur hal inilah yang sering dilewatkan oleh pemilik laptop ! yaitu membersihkan layar LCD (Liquid Crystal Display) laptop, yah...walaupun sebenarnya kegiatan ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal. Terkesan remeh memang, akan tetapi bila tidak dirawat bagian hardware perangkat yang satu ini lama-kelamaan bisa menjadi kusam, kotor, timbul bercak dan akan menguragi kenyamanan anda saat menggunakannya.

Untuk mempermudah anda saat membersihkan layar laptop, saat ini telah tersedia satu paket alat pembersih yang sangat mudah didapatkan pada toko-toko aksesoris komputer dan sejenisnya. Isi paket tersebut antara lain terdiri dari : satu botol kecil cairan cleaner, lap lembut berpori khusus dan sebuah kuas kecil dengan bulu yang halus. Dari berbagai merek pilihlah yang kualitasnya bagus walaupun harganya sedikit lebih mahal.

Bila semua peralatan telah tersedia, berikut ini adalah tips-tips membersihkan layar LCD laptop yang benar :


1. Perhatikan waktu pembersihan
Yang saya maksud dengan waktu disini adalah saat ideal yang kita gunakan membersihkan layar, usahakanlah disaat membersihkan layar ini laptop dalam keadaan mati atau paling bagus sebelum digunakan. Hal ini untuk mengurangi resiko lonjakan listrik atau kerusakan layar yang permanen bila terkena cairan pembersih.

2. Bersihkan terlebih dahulu permukaan layar dengan kuas
Bila sudah lama tidak dibersihkan, dapat dipastikan kalau layar dipenuhi debu/pasir halus, gunakanlah kuas yang berbulu halus untuk tahap awal membersihkan layar. Jangan langsung menggunakan lap atau sejenisnya karena hal ini dapat membuat layar memiliki resiko tergores.

3. Semprotkan cairan pembersih pada kain/lap
Sangat tidak dianjurkan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar, hal ini untuk menjaga agar cairan tersebut tidak masuk pada sela-sela LCD dan casing. Semprotkanlah cairan pada lap pembersih sedikit demi sedikit, terlalu basah juga tidak baik.

4. Arah gerakan
Untuk hasil yang maksimal, arah gerakan saat membersihkan laptop juga perlu diperhatikan. Gunakan gerakan satu arah misalkan dari atas ke bawah atau dari tepi kiri ke arah kanan. Hal ini dapat dilakukan 2-3 kali sampai layar benar-benar dirasa bersih.

5. Jangan terlalu keras menggosokkan kain pada layar
Sebagaimana kita ketahui LCD laptop adalah bagian yang sensitif terhadap tekanan, jangan terlalu kuat menekan disaat membersihkannya perlahan saja yang penting kotoran dapat terangkat.

6. Tunggu layar benar-benar kering baru laptop bisa digunakan
Gunakanlah lap kering sebagai tahap akhir pembersihan dan mengangkat sisa-sisa kotoran/debu yang menempel pada layar. Saran saya tunggulah beberapa menit sebelum laptop digunakan, hal ini untuk menghindari bercak-bercak yang terlihat pada layar karena sisa cairan belum benar-benar kering.

Untuk hasil yang lebih maksimal agar layar laptop tetap terlihat bersih, maka gunakanlah tips membersihkan layar LCD laptop tersebut secara berkala paling tidak satu atau dua minggu sekali.  
Labels: INFORMASI

Terima kasih telah membaca TIPS MEMBERSIHKAN LAYAR LAPTOP YANG BAIK/BENAR. Jika bermanfaat silahkan dishare

2 Comment for "TIPS MEMBERSIHKAN LAYAR LAPTOP YANG BAIK/BENAR"

Kadangkala kita kurang memperhatikan dalam menjaga kebersihan layar LCD. Artikel ini menjadi info menarik dalam berbagi tips membersihkan layar LCD Laptop,,

Iya mas, memang terkesan sederhana tapi bagian ini memang sering terlupakan :)

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top