14 March 2014

CARA MEMASUKKAN RUMUS MATEMATIKA DI WORD 2007

Salah satu kelebihan yang dimiliki Microsoft Word 2007 adalah adanya sebuah fitur untuk memasukkan rumus matematika. Fasilitas baru ini akan sangat berarti bagi anda yang ingin menampilkan serangkaian proses perhitungan dan sejenisnya dengan sangat mudah, sangat berbeda dengan pengguna Word versi sebelumnya yang mau tidak mau harus melakukan semua ini dengan cara manual.

Untuk bisa membuat berbagai rumus matematika statistik ini pada lembar kerja anda, cara mudahnya adalah sebagai berikut :

1.Bukalah dokumen yang akan disisipkan dengan rumus lalu tentukan penempatannya dengan mengatur pointer mouse.

2. Klik menu Insert ›› arahkan mouse pada pojok kanan atas dan klik tanda panah kecil pada sub menu Equation seperti gambar berikut :

Cara memasukkan rumus matematika di word, Cara memasukkan rumus statistik di word



















3. Scrool mouse dan pilih salah satu bentuk rumus yang sesuai dengan keinginan anda, namun bila tidak ada pilih saja dengan bentuk yang paling mirip karena kita dapat dengan mudah mengeditnya atau untuk bentuk yang baru anda dapat menggunakan pilihan Insert New Equation, pilihan ini letaknya paling bawah (perhatikan gambar di atas).

4. Setelah memilih bentuk rumus yang ada maka otomatis akan memunculkan sebuah menu baru bernama Equation tools design yang dapat digunakan untuk memodifikasi atau mengubah bentuk rumus sebelumnya. Berikut ini adalah penampakannya :

Cara memasukkan rumus matematika di word, Cara memasukkan rumus statistik di word






dan :
Cara memasukkan rumus matematika di word, Cara memasukkan rumus statistik di word





Misalkan saja saya telah memilih salah satu rumus yang tersedia yaitu : 

Cara memasukkan rumus matematika di word, Cara memasukkan rumus statistik di word
Dalam melakukan pengubahan (penghapusan atau penambahan), letakkan pointer mouse di dalam area kotak dan gunakan fasilitas  Equation tools design

Untuk menampilkan pilihan seperti yang terlihat pada gambar, klik tanda panah kecil di pojok kanan bawah. Berikut penjelasannya :
a. Save as New Equation : Menyimpan bentuk rumus baru yang telah kita buat, sehingga nantinya bila diperlukan lagi anda tidak perlu membuat ulang.
b. Profesional : Pilihan untuk menampilkan rumus seperti apa adanya (default).
c. Linear : Untuk memodifikasi rumus ke dalam bentuk struktur linear.
d. Change to inline : Mengubah posisi rumus menjadi ke sebelah kiri atau tengah.
e. Justification : Mengatur penempatan rumus menjadi rata kiri, tengah ataupun rata kanan.

Untuk mempermudah pemahaman kita bersama lebih baik tips ini langsung dipraktekkan sehingga saya berharap anda tidak kesulitan lagi untuk mencari cara memasukkan rumus matematika atau statistik menggunakan Microsoft Word 2007.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 2:34 AM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.