26 April 2014

4 POSISI IKLAN DI BLOG YANG BANYAK DIKLIK PENGUNJUNG

Tidak dapat dipungkiri bila iklan adalah salah satu sumber penghasilan yang dapat diperoleh oleh sebuah blog.  Dari berbagai jenis iklan tersebut salah satunya yang sangat populer di kalangan blogger adalah PPC (Pay per Click) dimana seorang publisher akan mendapat bayaran bila ada pengunjung yang meng-klik iklan tersebut.

Semudah itukah? ternyata tidak, karena posisi penempatan iklan akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh selain faktor utama jumlah visitor unik dalam satu hari. Beberapa pengiklan besar seperti Adsense dan Chitika, telah memberi arahan bagi publishernya dalam menemmpatkan iklan agar hasilnya dapat semaksimal mungkin. Hal inilah yang akan kita bahas dalam kesempatan yang baik ini.

Beberapa posisi iklan yang strategis tersebut, antara lain :

1. Posisi iklan di bawah judul artikel
Mengapa harus dibawah judul artikel? asumsinya adalah iklan akan muncul sesaat setelah pengunjung mengklik salah satu judul artikel blog kita melalui mesin pencari. Harapannya adalah mereka akan langsung mengklik iklan karena tertarik pada iklan tersebut baik karena kontennya yang relevan atau bisa juga karena desainnya yang apik. Untuk posisi ini, silahkan disesuaikan dengan lebar konten artikel blog masing-masing misalkan saja anda dapat menggunakan ukuran 468x60 atau 728x90.

2. Posisi sidebar blog
Bagian sidebar kita asumsikan menjadi 3 bagian yaitu blog dengan struktur sidebar di sebelah kiri, kanan atau kombinasi keduanya. Posisi ini juga termasuk dalam kategori yang strategis karena sangat mudah terlihat oleh pengunjung blog. Untuk ukuran yang dapat digunakan adalah 120x60, 160x600 atau anda dapat menggunakan ukuran 250x250 dan 300x250 agar iklan dapat dikombinasikan dengan berbagai widget blog lainnya.

3. Posisi akhir artikel 
Bagian ini menjadi pertimbangan karena memang sudah terbukti meningkatkan nilai klik, mengapa demikian? Karena iklan yang muncul tidak akan mengganggu pengunjung dan mereka telah mendapatkan apa yang dicari setelah membaca artikel yang anda tulis. Apalagi bila iklan tersebut sangat berkaitan dengan artikel, maka kemungkinan klik juga sangat besar. Untuk ukuran yang ideal pada posisi ini anda dapat menggunakan ukuran 550x250 atau 300x250.

4. Di atas komentar blog 
Untuk posisi ini iklan ditempatkan tepat di atas form komentar sebuah blog. Posisi ini bisa menjadi sangat ideal bila blog anda ramai komentar. Karena posisinya yang agak di bawah maka bagi blog yang masih sepi komentar mungkin lebih baik memilih penempatan iklan seperti pada 3 poin sebelumnya.

Ke 4 posisi tersebut dapat kita rangkum pada sebuah gambar yang saya ambil langsung pada arahan Chitika berikut ini :
Posisi iklan terbaik pada blog, Cara menempatkan iklan agar banyak diklik pengunjung
Source : Chitika, Inch
  

















Lalu bagaimana cara menempatkan iklan langsung ke dalam konten blog :
1. Kode iklan harus terlebih dahulu diparse (diubah formatnya) agar dapat langsung menyatu dengan kode HTML blog. Untuk memparse kode iklan anda dapat memanfaatkan tool gratis pada alamat ini http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

2. Untuk menempatkannya pada awal artikel ataupun akhir artikel anda dapat membaca tulisan saya terdahulu disini.

KESIMPULAN :
Selain jumlah pengunjung dan page view yang tinggi pada sebuah blog, penempatan iklan terbaik pada intinya adalah iklan tersebut mudah untuk dilihat oleh pengunjung, menarik dan tentunnya tidak mengganggu pandangan pengunjung terutama saat membaca artikel di blog anda. Karena struktur blog yang berbeda-beda anda dapat mencoba format tersebut satu-persatu atau dapat juga menggunakan kombinasinya sehingga pada akhirnya ditemukan posisi iklan yang benar-benar ideal dan banyak mendapatkan klik pengunjung.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 2:45 PM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.