19 June 2014

LANGKAH-LANGKAH KALIBRASI BATERAI LAPTOP

Sebagaimana kita ketahui baterai pada laptop atau notebook merupakan salah satu hardware (perangkat keras) utama yang memiliki fungsi sangat vital untuk menyuplai dan menyimpan energi listrik sehingga laptop tetap dapat dihidupkan walaupun dalam keadaan tidak tercarge.

Nah sekarang coba perhatikan baik-baik performa baterai laptop anda saat digunakan, apakah saat ini kondisinya masih normal (rata-rata 4 jam waktu pemakaian tanpa terhubung arus listrik) atau coba cermati berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencarge baterai sampai benar-benar terisi penuh 100 %. Saya rasa jawabannya akan sangat bervariasi bukan?

Untuk tujuan mengetahui performa baterai laptop tersebut maka setiap 30 kali melakukan carge maka kita dianjurkan untuk melakukan proses kalibrasi. Proses ini sendiri merupakan sebuah siklus pengisian penuh diikuti dengan pengosongan baterai sampai benar-benar habis dan pengisian penuh (carge) kembali sampai pada level 100 %.

Pada sistem operasi Windows, langkah-langkah untuk kalibrasi baterai laptop/notebook adalah sebagai berikut :

1. Silahkan carge baterai seperti biasa sampai 100 % atau penuh.

2. Sambil menunggu proses carge baterai penuh, lakukan setting sebagai berikut :

  • Masuk ke Control Panel
  • Pilih Hardware and Sound ›› Power Options ›› Pada select a power plan (saya menggunakan Balanced) pilih Change Plan Settings seperti yang terlihat pada gambar berikut :
 
Cara mudah untuk kalibrasi baterai laptop

  • Pada Change settings for the plan : Balanced ›› pilih Change advanced power settings, setelah itu kita akan disuguhkan tampilan pengaturan seperti gambar berikut :

Langkah-langkah kalibrasi baterai laptop
  • Kemudian scrool ke bawah dan klik pilihan Baterry, settingnya adalah sebagai berikut :
Pada Critical battery action ›› On battery ubah menjadi Hibernate
Pada Critical battery level ›› On battery ganti nilainya menjadi 5 % kemudian klik Apply lalu OK
3. Sekarang perhatikan indikator pengisian baterai, bila sudah penuh atau mencapai 100 %, cabut adaptor carger. Anda tetap dapat menggunakan laptop setelah tahap ini sampai laptop masuk ke status hibernasi sesuai dengan pengaturan pada langkah sebelumnya.
4. Setelah masuk pada status hibernate, biarkan laptop melakukan pengosongan baterai dan jangan melakukan apa-apa sampai kondisinya benar-benar mati (shut down sendiri).
5. Tunggu sekitar 5 jam atau lebih agar suhu laptop benar-benar dingin dan barulah carge kembali laptop anda sampai penuh 100 %.
Sebagaimana kita bahas diawal tadi bahwa proses kalibrasi baterai ini bukanlah sebuah usaha untuk memperpanjang umur baterai melainkan untuk mengetahui performa (waktu sebenarnya)  dalam menyuplai sumber daya agar laptop tetap hidup atau seberapa lama waktu yang dibutuhkan dalam sekali pengisian penuh.

Bila kondisinya sudah benar-benar sudah drop, maka bersiap-siaplah untuk menyisihkan budget untuk membeli baterai baru. Semoga tulisan ini bisa sedikit membantu.


Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 12:16 AM

2 comments:

  1. Semoga batre laptop saya jadi awet ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baterainya dirawat dengan baik, sob :)

      Delete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.