Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MEMPERTAHANKAN TRAFIK BLOG DENGAN MERESPONS KOMENTAR

Setiap pengelola blog apapun flatform dan temanya yang diusungnya, sudah pasti menginginkan trafik/tingkat kunjungan yang tinggi dan stabil terhadap blog tersebut. Berbicara masalah trafik memang tidak terlepas dari yang namannya : arikel yang berkualitas, template yang bagus dan ilmu SEO akan tetapi ada salah satu hal yang juga yang sering kurang mendapat perhatian yaitu menjawab komentar pengunjung di blog kita.  

Menurut saya, pengelola blog yang baik adalah mereka yang sangat memperhatikan komentar-komentar yang diberikan kepada blognya entah itu berupa pertanyaan, pendapat ataupun kritik. Sangatlah disayangkan bila suatu blog yang bisa dikatakan “Top” baik bila dilihat dari sisi kualitas tulisan ataupun desainnya ternyata sangat jarang merespons komentar pengunjung. Apa tanggapan sobat tentang hal ini ??? karena memang sudah menjadi tuntutan bagi pemilik blog dalam hal ini untuk ramah dan menanggapi komentar pengunjung yang datang dari semua kalangan baik itu blogger pemula, menengah, master atau orang awam sekalipun. Tentunya dengan syarat komentar yang diberikannya sopan.

Ada beberapa keuntungan bagi pengelola blog bila selalu merespons komentar yang masuk, diataranya :

1. Pengunjung akan merasa mendapat tanggapan dan diperhatikan, hal ini menjadi nilai plus dan sangat positif karena pengunjung tersebut tidak akan sungkan-sungkan untuk berkunjung kembali ke blog kita. 

2. Terjalinnya hubungan yang baik antara sesama blogger/pengunjung khusus (sesama pengelola blog) dan pengunjung umum (pencari informasi), hal ini juga memegang peranan penting terhadap kestabilan trafik blog, karena kita sudah mengawalinya dengan hubungan yang baik.

3. Pengelola blog dapat mengukur kemajuan blog dari komentar-komentar yang masuk, terutama kritik dan saran yang sifatnya membangun. Dengan komunikasi yang baik melalui kolom komentar kita dapat saling bertukar wawasan, pemikiran dan ide untuk kemajuan bersama.

4. Komentar yang masuk juga bisa merupakan salah satu sumber ide penulisan bagi pengelola blog terutama bila komentar tersebut berkaitan dengan posting yang sedang dibahas dan belum sempat diulas lebih jauh.

5. Menunjukkan citra positif bagi blog tersebut terutama bagi para blogger pemula yang masih merintis dan membangun seperti blog saya ini.
 
Semua hal diatas, memang sifatnya subjektif dan tergantung dari diri kita masing-masing untuk menilainya. Tapi saya sangat yakin sebagus apapun sebuah blog dikelola, bila tetap mengabaikan komentar pengunjungnya, lama-kelamaan angka trafiknya akan mengalami penurunan dan pengunjungnya hanya berasal dari kalangan tertentu saja.


Labels: BLOGGING

Terima kasih telah membaca MEMPERTAHANKAN TRAFIK BLOG DENGAN MERESPONS KOMENTAR. Jika bermanfaat silahkan dishare

6 Comment for "MEMPERTAHANKAN TRAFIK BLOG DENGAN MERESPONS KOMENTAR"

Setuju sob..
Merespont komentar pengunjung merupakan hal yg sangat penting..

Saya sendiri merasakan, jika saya berkomentar di blog seseorang tp tidak di tanggapi, saya tidak akan berkunjung lg ke blog tsb, meski pun blog & contentnya luar biasa..

Kalau saya boleh saran nih, lebih baik kode captcha di komentar sobat di hapus aja, karena sangat menyulitkan & membuat malas orang yg ingin berkomentar..

Happy blogging sob..!!^

Terima kasih atas saran anda sob, akan menjadi pertimbangan bagi saya.

Betul banget sobat. Saya berusaha untuk tidak mengabaikan setiap komentar yang masuk. Bagaimanapun itu merupakan bentuk perhatian dari si pengomentar.

Memang menanggapi komentar atau tidak itu hak penuh tuan rumah.
Hanya saja, kalo komentar saya beruntun dicueki apalagi dihapus (saat merasa sudah berkomentar secara baik2), saya jadi males buat berkunjung lagi ke blog yang bersangkutan.

Kalo boleh urun saran, fitur mobilenya tolong diaktifkan, biar pembaca lewat hape bisa lebih nyaman..

TFS dan salam dari platform sebelah ^^

Ya sobatku, terima kasih atas kunjungan sobat ke blog saya yg sederhana ini. fitur mobile-nya akan segera saya aktifkan.

analisa yang bagus masbro, benar juga komentar kadang memberi inspirasi

Sacred >> Iya sob, semuanya untuk kemajuan kita bersama..

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top