Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

MENGGUNAKAN KEYBOARD UNTUK MENGEKSEKUSI PERINTAH EXCEL

Semoga sahabat tidak bosan dengan trik Excel yang saya tuliskan, kali ini kita akan membahas penggunaan tuts keyboard untuk mengeksekusi/menjalankan perintah-perintah di Excel. Hal ini menjadi penting terutama bila suatu saat mouse sedang bermasalah atau memang ada perintah-perintah khusus yang lebih cepat untuk dijalankan menggunakan keyboard.

Sebelum ke langkah selanjutnya, ada baiknya sahabat membaca artikel saya sebelumnya yaitu tentang cara menampilkan simbol perintah di Excel, karena trik kali ini memang berkaitan erat dengan perintah-perintah yang sangat sering kita gunakan (sifatnya fleksibel, tergantung kebutuhan masing-masing).

Setelah semua perintah favorit tersebut kita munculkan, maka saat bekerja pada lembar Excel dan mengandalkan keyboard kita hanya cukup menekan sebuah tombol sakti bernama" Alt " maka seluruh tab dan perintah yang ada di Excel akan muncul dan diwakili oleh angka ataupun huruf-huruf tententu, kira-kira penampakannya seperti screen shoot berikut :
Cara menampilkan dan mengeksekusi perintah Excel dengan tombol keyboard, bekerja cepat di excel dengan keyboard
Penggunaannya :

Misalkan sekarang kita akan menambahkah sebuah baris/row maka berdasarkan gambar di atas setelah pointer diletakkan pada area yang telah ditentukan kita dapat langsung menekan angka 9 pada keyboard, demikian pula untuk menghapus sebuah baris kita dapat langsung mengeksekusinya dengan menekan angka 6. Ini hanya contoh saja, dalam kenyataannya sahabat dapat menyesuaikannya dengan perintah-perintah yang ingin dieksekusi. Begitu juga dengan pilihan tab, hanya bedanya pada tab kita akan melewati beberapa tahap sampai dengan eksekusi terakhir (hal ini disebabkan banyaknya variabel di dalamnya).

Tips tambahan :

Selalu tekan tombol Alt kembali untuk memunculkan pilihan eksekusi melalui keyboard, baik untuk mengulang perintah atau menjalankan perintah baru.

Semoga trik menggunakan keyboard untuk mengeksekusi perintah di Excel akan menambah dan memperkaya trik yang telah kita miliki :)
Labels: EXCEL, TIPS

Terima kasih telah membaca MENGGUNAKAN KEYBOARD UNTUK MENGEKSEKUSI PERINTAH EXCEL. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "MENGGUNAKAN KEYBOARD UNTUK MENGEKSEKUSI PERINTAH EXCEL"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top