Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

TIPS PRINT TABEL YANG PANJANG PADA EXCEL

Semoga sahabat sekalian tidak bosan dengan berbagai tips yang saya sajikan di blog ini. Kali ini saya akan mencoba membagi sedikit pengalaman yaitu tips untuk print atau mencetak data yang disajikan dalam bentuk tabel yang jumlah kolomnya panjang/banyak di Excel.

Walaupun terkesan sepele, namun dalam prakteknya tips ini sangat bermanfaat. Permasalahan yang sering kita hadapi adalah bila jumlah kolom pada tabel jumlahnya cukup banyak, sehingga pada saat dokumen diprint terdapat bagian yang terpotong atau tidak semuanya bisa masuk pada pilihan kertas yang kita gunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa langkah dapat kita lakukan dan hasilnya lumayan efektif :

1. Menentukan jenis kertas
Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan, kesesuaian ukuran kertas akan menetukan hasil print yang diinginkan. Untuk Hasil maksimal gunakanlah kertas ukuran folio atau F4 namun hal tersebut tidaklah baku, semuanya tergantung kebutuhan.

2. Orientasi kertas
Pada pilihan ini terdapat dua mode yaitu potrait (tegak lurus) dan landscape (horizontal atau memanjang). Untuk tampilan data dalam bentuk tabel dengan jumlah kolom yang banyak, maka mode landscape dapat menjadi pilihan kita.

3. Mengatur besar kolom
Agar semua kolom dapat tercetak pada kertas, anda dapat mengatur ukurannya dengan menggeser ke kiri atau ke kanan baik langsung melalui lembar kerja ataupun melalui print priview.  Untuk point ini silahkan baca anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya.

Untuk ke tiga langkah di atas semuanya terangkum pada menu Tab Page Layout yang terdapat pada lembar kerja Excel anda.

4. Mengatur skala tampilan
Dengan mengatur skala tampilan maka secara keseluruhan hasil print dapat kita ubah-ubah. Secara default/normal  nilai dari skala ini adalah 100%, nah bila ternyata ukuran tabel yang kita buat terlalu panjang dan melebihi ukuran kertas maka anda dapat mengubah skala tersebut menjadi lebih kecil misalkan 80-90 % sehingga tabel nantinya dapat diprint walaupun hasilnya akan terlihat lebih kecil. Untuk menggunakan pilihan ini silahkan klik tab Page Layout ----> Scale dan ubahlah nilainya.

Demikian sedikit tips yang pernah saya gunakan saat mencetak tabel yang jumlah kolomnya banyak/panjang di Excel. Bila ada yang masih kurang jelas dalam tulisan saya ini, silahkan anda bertanya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat !
Labels: EXCEL, TIPS

Terima kasih telah membaca TIPS PRINT TABEL YANG PANJANG PADA EXCEL. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "TIPS PRINT TABEL YANG PANJANG PADA EXCEL"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top